oleh

Agar Tertib Protokol Kesehatan, Tim Kukerta Relawan Covid-19 Unri Bantu Pembagian BLT Tahap 3 di Desa Sebangar

PEKANBARU – Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang tengah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, membantu pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bertempat di Desa Sebangar.

BLT merupakan salah satu program bantuan pemerintah yang di peruntukan untuk masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19.

Desa Sebangar sendiri menyalurkan BLT tahap 3 yang kepada 186 KK di desa tersebut. Dalam Pelaksanaan kegiatan ini Tim Kukerta Relawan Unri ikut andil guna membantu kegiatan tersebu, pada 10 Juli 2020.

Kegiatan ini juga dihadiri pihak Kecamatan Bathin Solapan, Babinsa, pihak desa berserta jajarannya dan RT/RW. Pihak tersebut hadir bertujuan untuk memantau keberlangsungan kegiatan agar tidak terjadi kendala yang memperlambat pembagian bantuan tersebut.

Sehari sebelum pelaksanaan pasa tanggal 9 Juli 2020, Tim Kukerta Relawan Unri melakukan penyemprotan desinfektan di aula yang akan digunakan untuk melakukan pembagian BLT, karena aula tersebut sebelumnya digunakan pihak lain. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pada keesokan harinya di tanggal 10 Juli 2020, Tim Kukerta Relawan Unri dan panitia pembagian BLT menyusun tata letak meja dan kursi agar tetap berjarak guna mematuhi protokol kesehatan. Desa Sebangar juga menyediakan tempat mencuci tangan.

Acara dimulai pukul 08.30 WIB dimana warga terlebih dahulu di cek kelengkapan administrasi oleh Tim Kukerta Relawan Unri yang bertugas di meja registrasi. Warga di wajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki aula, memakai masker, tetap jaga jarak, dan akan dilakukan pengecekan suhu oleh Tim Kukerta Relawan Unri.

Hanya 30 warga yang boleh masuk ke aula saat pembagian guna mencegah berkumpul-kumpul. Penyerahan diberikan langsung oleh panitia desa yang tidak boleh diwakilkan dan harus warga yang bersangkutan menerima bantuan tersebut.

Semoga program BLT Dana Desa tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga membantu mencukupi kebutuhan di tengah pandemi saat ini. (rls)