oleh

6 Orang Lagi Pasien Covid-19 di Siak Sembuh, Tinggal 24 yang Dirawat

SIAK – Tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Siak, Riau, Jumat (31/7/2020). Kabar baiknya, 6 orang lagi pasien Covid-19 dinyatakan sembuh berdasarkan Hasil Lab uji Polymerase Chain Reaction (PCR) dari swab.

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan dari total 56 pasien Covid-19 di Kabupaten Siak, 24 diantaranya masih dirawat di RSUD Tengku Rafian, 31 orang dinyatakan sehat dan 1 orang meninggal dunia.

“Kita patut syukuri, jumlah kasus ini terus menurun di Kabupaten Siak. Kabar hari ini ada 6 yang sembuh dan tidak ada penambahan dari 261 sampel yang hasilnya masih menunggu,” kata Budhi kepada GoRiau.com.

Dijelaskan Budhi, untuk 6 pasien yang sembuh itu diantaranya Tn. I (34) yang dirawat di RS Eka Hospital (Pekanbaru) Tn. RC (21), Ny. D (35), Ny. DA (45), An. DAP (11), Ny. DNS (57), Ny. Zu (43) yang dirawat di RSUD Siak.

Selanjutnya, pasien konfirmasi positif Covid-19 yang dirawat tersebar dibeberapa tempat diantaranya, RS Eka Hospital 5 orang, RSUD Siak 19 Orang. PDP yang masih dirawat berjumlah 1 pasien (RSUD Siak).

“Total PDP 135, sembuh Pulang 68, meninggal 9 orang. ODP dalam pemantauan berjumlah 5.481 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 5.146 orang, Orang Dalam Pemantauan 335 orang. Semoga tidak menambahnya kasus ini berkelanjutan untuk hari hari selanjutnya,” kata Budhi.

Ditegaskan Budhi, masyarakat harus bisa melakukan pembatasan fisik (physical distancing) dengan siapapun. Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang ditemui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya.

“Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Bila harus keluar, gunakan masker. Lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali. Rutin mencuci tangan, yang lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer,” katanya.