oleh

Alquran Ungkap Fakta Mengagumkan Dialami Otak Manusia pada Usia 40 Tahun

USIA 40 tahun diakui sebagai usia yang istimewa, karena manusia diyakini mencapai tingkat kematangan tertingga pada umur tersebut. Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim diangkat menjadi utusan Allah SWT dalam usia 40 tahun.

Ilmu pengetahuan membuktikan saat manusia mencapai usia 40 tahun, tulang rawan pada tengkorang seseorang akan semakin sempurna tingkar kerasnya. Ia akan tumbuh dan menyempurnakan struktur tengkorak kepala, sehingga memengaruhi inti akal yang terletak di otak.

banner 300x250

Baca juga: Sumur Zamzam, Keajaiban Abadi Sepanjang Masa

Sempurnanya kepala dan akal ternyata telah dijelaskan di dalam Alquran sekitar 1.400 tahun lalu, sebelum kebenarannya dibuktikan oleh penelitian secara ilmiah.

Hal itu seperti dijelaskan dalam buku ‘Sains dalam Alquran’ karya Dr. Nadiah Thayyarah.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim,” Surah Al-Ahqaf ayat 15.

Ayat ini menyatakan pentingnya usia 40 tahun dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kenabian datang kepada para nabi saat mereka berusia 40 tahun.

Ayat tersebut juga mengungkap kedewasaan dan kematangan seseorang saat ia sudah mencapai kematangan akal, yaitu saat kepala sudah mencapai bentuk tertentu dan tidak lagi membesar atau mengecil.

(sal)

Sumber : okezone.com