oleh

Jelang Suksesi Golkar Kampar, Pemerhati Politik: Golkar Baiknya Dipegang Anak Jati Kampar

BANGKINANG – Suksesi ketua Golkar Kampar yang direncanakan akan digelar dalam waktu yang tidak terlalu lama disorot luas oleh  publik. Hal ini menjadi wajar, sebab Golkar adalah partai besar dengan pengaruh yang cukup kuat di Kampar selama waktu yang cukup panjang.

Salah seorang yang menyoroti sukses Golkar Kampar ini adalah Muhammad Ikhsan, salah seorang pemerhati politik Kampar, memandang strategis dan besarnya peran Golkar di Kampar.

banner 300x250

Dia berharap, figur calon ketua Golkar nanti adalah sosok yang piawai berpolitik dan mesti dipegang oleh anak jati Kampar yang tidak punya cacat sebagai pribadi maupun sebagai pejabat di lembaga publik.

“Sosok ketua partai itu berdomisililah di kota. Ia harus bertangungjawab karena sebagian besar kerjanya di ibukota,” ujar Muhammad Ikhsan kepada GoRiau.com, Senin (3/8/2020).

Selain itu, kata dia, sosok ketua Golkar nanti juga harus orang yang peduli kepada rakyat dan mau turun mengejar aspirasi langsung ke masyarakat di akar rumput.

“Sosok yang mau menyelami kondisi real masyarakat. Sosok yang sudah teruji kiprahnya di politik dan masyarakat. Kiprah politiknya konsisten setia kepada rakyat dan kontiniu dari waktu ke waktu. Jangan yang kiprahnya hilang-hilang timbul,” ulas dia.

Dia khawatir, bila Golkar salah memilih ketua DPD-nya akan membuat perolehan kursi partai beringin ini berpotensi merosot

“Kalau ketua dipegang oleh orang yang salah partai ini bisa zonk nanti. Bakal susah dia mempertahankan kekajayaan Golkar di Kampar,” beber Ikhsan.

Yang paling penting , lanjut Ikhsan, figur ketua Golkar wajib yang berintegritas dan bertanggungjawab serta dikenali secara luas oleh masyarakat.

“Sebagai kader dia juga kader yang setia pada beringin. Memahami kondisi anggotanya, peduli ke pengurus kecamatan atau PK,” ungkap dia.

Terakhir, Ikhsan berpesan, siapapun nanti yang memegang kursi Golkar harus mampu merangkul semua faksi yang ada baik di internal Golkar sendiri maupun faksi-faksi politik yang berada di luar Golkar.

“Harusnya sosok ketua yang punya semangat untuk merangkul baik ke dalam maupun ke luar Golkar. Berjiwa besar, punya respek pada orang dan tidak congkak,” tutup Ikhsan.

Diberitakan sebelumnya, suksesi ketua Golkar Kampar ini akan ditentukan dalam rangkaian pagelaran Musyawarah Daerah (Musda) ke-X DPD II partai Golkar Kabupaten Kampar yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-9 Agustus 2020 di Hotel Labersa, Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

“Kemarin telah dilakukan rapat pleno dan kepanitiaan Musda sudah terbentuk,” kata Ketua DPD II partai Golkar Kampar, Ahmad Fikri, S.Ag pada Minggu (2/8/2020) kemarin.

Dijelaskan Fikri, sesuai arahan DPP dan DPD I partai Golkar Provinsi Riau, agenda Musda sudah ditetapkan.