oleh

Dukung UU Perlindungan Ulama, Achmad: Ada Peran Ulama di Masa Kemerdekaan

PEKANBARU – Anggota DPR RI Dapil Riau 1, Achmad, mendukung penuh adanya Undang-undang Perlindungan Ulama di tengah ketakutan para ulama dalam membagikan ilmunya kepada ummat.

banner 300x250

Mantan Bupati Rokan Hulu dua periode ini mengatakan, dirinya sangat berharap adanya jaminan terhadap keamanan dan keselamatan para ulama. Jika tidak, maka secara psikis para ulama akan dihantui rasa khawatir dan cemas.

Hal ini disampaikan Politisi Demokrat ini usai melihat banyaknya ulama-ulama di Indonesia yang menjadi ‘sasaran’ penusukan, terakhir korbannya adalah Syech Ali Jaber. 

Diakui Achmad, memang rencana pembentukan UU Perlindungan Ulama masih sebatas wacana, namun jika wacana ini diwujudkan, menurut Achmad sah-sah saja mengingat Ummat Islam adalah agama mayoritas di Indonesia.

“Islam ini adalah agama terbesar di Indonesia, wajar lah kalau kita buat UU begitu. Ulama ini juga aset bangsa, kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran ulama di masa lalu, mereka berjihad, berjuang, artinya tidak bisa kita lupakan jasa-jasa ulama ini,” kata Achmad kepada GoRiau.com, Selasa (15/9/2020).

Ulama, lanjut Achmad, adalah orang-orang mulia yang bertugas memperbaiki moral bangsa dan meluruskan ketika ada hal-hal yang menyimpang di tengah masyarakat.

Makanya, ulama adalah pilar penting bagi keberlangsungan kehidupan karena mereka adalah pewaris nabi.

“Sekarang ini ada apa-apa yang dikambinghitamkan adalah orang gila. Ketika ada UU perlindungan ulama, orang akan berpikir panjang mau mencelakai ulama. Jadi orang tidak bisa seenaknya mencelakai ulama, tugas kita adalah melindungi mereka,” tegas Achmad.