oleh

Ditutup Kuansing, Distribusi Logistik Pilkada Serentak Riau Tuntas, H-5 Mulai Dikirim ke TPS

PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sejauh ini sudah mempersiapkan berbagai persiapan menjelang hari pemilihan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

banner 300x250

Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yatsir menyampaikan, hingga hari ini belum ada kendala dalam hal pendistribusian logistik Pilkada, baik logistik kepemiluan maupun logistik dalam menghadapi ancaman penyebaran Covid-19.

Dijelaskan Ilham, logistik surat suara dikirim langsung dari percetakan di Ngajuk, Jawa Timur pada tanggal 11 November lalu, dan sudah masuk ke KPU Kabupaten/kota dalam estimasi waktu beragam, ada yang sampai tanggal 14, 15 dan 16.

“Terakhir, surat suara sampai di Kuansing jam 1 siang tadi di Kuansing, karena kan nunggu putusan PTUN dulu,” ujar Ilham kepada GoRiau.com, Rabu (18/11/2020). 

Tak hanya surat suara, bilik suara saat ini juga sudah sampai mulai dari Minggu pertama November silam. Baik surat suara maupun bilik suara sudah mulai dilakukan pelipatan dan perakitan di masing-masing kabupaten kota.

Untuk distribusi ke TPS-TPS, Ilham mengungkapkan, berdasarkan regulasi yang ada, pihaknya baru boleh mendistribusikan pada H-5, dan pengiriman hari pertama akan diprioritaskan di kabupaten yang jauh seperti Rohil dan Bengkalis.

“Distribusi ke TPS tidak boleh diatas itu, harus H-5, minggu ketiga atau keempat November ini sudah kita set di dalam kotak, jadi tinggal dikirim saja,” tuturnya.

Lebih jauh, terkait petugas di TPS, sambung Ilham, sudah terbentuk semuanya dan pada tanggal 24 November ini akan diberikan SK-nya. Sekarang mereka masih dalam tahap rapid test dan akan selanjutnya akan diberi Bimbingan Teknis (Bimtek).