oleh

KPU Kuansing Gelar Simulasi Pemungutan Suara di Tengah Pandemi Covid-19

TELUKKUANTAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melaksanakan simulai pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Kuansing, Sabtu (21/11/2020) pagi.

banner 300x250

Simulasi dilaksanakan di TPS 2 Kelurahan Pasar, tepatnya di Lapangan Limuno Telukkuantan. Dalam simulasi ini hadir Bupati Kuansing yang diwakili Kepala Kesbangpol Asnul dan Kapolres yang diwakili Kabag Ops Kompol Erde Dianto.

“Ini gambaran, bagaimana nantinya keadaan riil di tengah masyarakat saar pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang,” ujar Irwan Yuhendi, Ketua KPU Kuansing.

Tujuan simulasi ini, tentu memberikan pengetahuan dan penguatan serta gambaran ke penyelenggara, mulai dari KPU sampai ke KPPS. Sebelumnya, para penyelenggara sudah mengikuti bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara.

“Pada masa adaptasi baru ini, ada 12 hal baru di TPS. Tentunya ini berkaitan dengan protokol kesehatan, dimana pemilih harus menggunakan masker, menjaga jarak dan tak membuat kerumunan,” terang Irwan.

Ditegaskan Irwan, pelaksanaan pemungutan suara mengacu ke protokol kesehatan. Pihaknya akan memberitahu kepada pemilih agar mematuhi protokol kesehatan saat datang ke TPS.

“Melalui C Pemberitahuan, kita minta masyarakat datang sesuai jadwal yang ditentukan. Hal ini untuk menghindari penumpukan di TPS,” ujar Irwan.

Untuk itu, Irwan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Jika semua masyarakat mentaati hal ini, tentu tidak akan terjadi penumpukan di TPS.

“Suksesnya Pilkada ini tak hanya menjadi tanggungjawab penyelenggara, tapi semua masyarakat Kuansing. Untuk itu, mari bersama-sama menjalankan protokol kesehatan,” ujar Irwan.

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan pelaksanaan Pilkada 2020 bisa sempurna walaupun di masa pandemi Covid-19.

“Lewat simulasi ini, kita mengetahui dimana kelemahan atau butuh penyempurnaan, kita bisa mengantisipasi dan mempersiapkan diri pada hari H,” tutup Irwan.