oleh

Cegah Abrasi dan Ciptakan Udara Segar, Kegiatan Penanaman Pohon PDIP Riau Diapresiasi

PEKANBARU – Lurah Tirta Siak, Suci Trianingsih SH, mengapresiasi kegiatan penghijauan yang dilaksanakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di wilayah kerjanya, tepatnya di pinggiran Sungai Siak.

“Kita tentu mengapresiasi kegiatan penghijauan yang dilakukan DPD PDIP Riau dan DPC PDIP Pekanbaru di Wilayah RW 04 Kelurahan Tirtasiak pagi ini, itu dibuktikan dengan semangat LPM, RW, RT serta tokoh masyarakat yang ikut serta dalam menanam pohon ini,” kata Suci, Selasa (12/1/2021).

banner 300x250

Penanaman pohon di pinggiran Sungai Siak ini, ujar Suci, merupakan upaya penyelamatan tanah dari ancaman abrasi di pinggiran sungai. Dengan adanya pohon-pohon ini, tanah akan semakin kuat dan ancaman abrasi bisa dicegah.

“Selain terhindar dari abrasi, lingkungan yang hijau oleh pepohonan juga dapat memproduksi oksigen, sehingga udara yang berada di sekitar sini menjadi lebih segar,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang ke-48, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pekanbaru melakukan penanaman pohon di pinggiran Sungai Siak, Selasa (12/1/2021).

Penanaman pohon yang dilaksanakan para pengurus DPC, DPD dan semua Anggota Fraksi PDIP DPRD Pekanbaru ini disaksikan langsung oleh Lurah Tirta Siak, Ketua LPM, dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua DPD PDIP Riau, Zukri mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian acara HUT ke-48 PDIP, sekaligus sebagai bentuk kepedulian PDIP terhadap lingkungan yang semakin memburuk, sesuai dengan intruksi Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Penanaman pohon ini, ujar Zukri, bertujuan untuk menjaga aliran sungai dan nantinya akan berdampak pada bagusnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Siak, apalagi Sungai Siak ini merupakan sungai yang cukup memiliki sejarah panjang di Riau, khususnya Pekanbaru.

“Saya harap penanaman pohon ini tidak hanya sekedar seremonial, ini harus terus dilanjutkan. Sungai harus diperhatikan karena itu sumber penghidupan, Anggota Fraksi PDIP Pekanbaru siap?” tanyanya kepada kader yang hadir dan langsung dijawab ‘siap’ oleh para kader.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Riau, Syafaruddin Poti menambahkan, penanaman pohon ini memiliki efek yang sangat besar, terutama dalam mencegah abrasi yang menjadi keluhan masyarakat di pinggiran sungai.

“Inilah yang diharapkan Ketua Umum kami, dan sudah diimplementasikan kader oleh PDIP. Makanya, kedepannya kegiatan ini harus terus dilakukan kader PDIP yang ada di legislatif dan eksekutif. Intinya, pemerintah harus menjaga lingkungan,” katanya.*