oleh

Ratusan Rumah di Inhu Terendam Banjir, Warga Diungsikan

PEKANBARU – Banjir melanda sebagian wilayah Indragiri Hulu, Riau sejak Senin (19/4/2021). Puluhan rumah terendam dan ratusan warga terpaksa diungsikan. Salah satu desa terparah terkena banjir adalah Desa Penyanggahan, Kecamatan Batang Gansal yang menyebabkan 160 KK terpaksa diungsikan.

Data Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu mencatat hujan beberapa hari terakhir menyebabkan air Sungai Indragiri mengalami kenaikan hingga 46 sentimeter. Akibatnya, air sungai meluap dan masuk ke pemukiman warga. 

banner 300x250

Polda Riau juga sudah menurunkan personel Brimob dari Batalion C untuk mengevakuasi warga dari lokasi banjir. Selain mengevakuasi warga, anggota Brimob juga turun membantu menyelamatkan barang-barang warga ke tempat yang lebih aman.

“Mulai tadi pagi, personel dari Batalyon C sudah dikerahkan untuk mengevakuasi warga yang terkena banjir di Inhu,” ujar Dansat Brimob Polda Riau, Polda Riau Kombes Pol Dedi Suryadi melalui Kabag Ops Kompol Rivana Wahdi kepada GoRiau.com, Senin sore.

Rivana menyampaikan, banjir disebabkan intensitas hujan yang cukup deras sejak beberapa hari terakhir, sehingga mengakibatkan air di Sungai Indragiri meluap, lalu mengalir ke wilayah Desa Penganggahan kemudian mengalir ke desa-desa lain di sekitar Kecamatan Batang Gangsal, Batang Cenaku dan Seberida.