oleh

Enam Perempuan Pelalawan Raih Penghargaan Kartini Pelalawan

PANGKALAN KERINCI – Peringatan Hari Kartini tak hanya menjadi momentum untuk mengapresiasi semangat Kartini yang ada dalam diri perempuan hebat tanpa pamrih. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bekerja sama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengadakan survei Kartini Pelalawan “The Unseen and Unsung Heroines”. Survey ini untuk memberikan apresiasi kepada para perempuan atas pengabdian mereka dalam pemberdayaan masyarakat dalam membangun daerah.

Survei yang diadakan tanggal 12 hingga 16 April 2021 dengan lebih dari 200 responden, terpilih enam perempuan yang berperan dalam berbagai bidang, di antaranya Neneng Martini S.Sos untuk kategori UMKM dan Pertanian, Hj Etty untuk kategori Seni dan Budaya, Fitriani untuk kategori Kemanusiaan, Jamiatil Fajri S.Hut untuk kategori Sustainability dan Suprihatin untuk kategori Literasi dan Emilia KH S.Hum M.M untuk kategori Pendidikan.

banner 300x250

Neneng Martini mengatakan ia dan kelompok tani wanita binaannya siap berbagi ilmu kepada siapa saja yang ingin bergabung dan belajar menjadi petani urban. Dengan crowd funding, bertani menjadi lebih mudah, efisien dan menjadi penghasilan tambahan bagi ibu-ibu rumah tangga.

“Membentuk kelompok tani wanita Agro Berkah Pelalawan dan mengajak sebanyak mungkin perempuan sekitarnya untuk mengelola lahan-lahan menganggur di sekitar warga untuk menaikkan kesejahteraan perempuan,” katanya.

Kepala Dinas P3AP2KB Ferry mengapresiasi inisiasi PT RAPP yang merupakan bagian dari grup APRIL ini karena membuat momen peringatan Hari Kartini sangat berbeda dengan sebelumnya. Survei tersebut mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat. Ia menyebut nama-nama yang diusulkan adalah murni suara masyarakat dan mereka yang dinominasikan layak untuk disebut perempuan-perempuan hebat Kabupaten Pelalawan.

“Terima kasih kepada PT RAPP karena telah menjalankan pola kemitraan sektor publik dan swasta dengan DP3AP2KB, semoga akan ada lebih banyak kegiatan terkait pemberdayaan perempuan dan gender equality yang bisa kita kolaborasikan ke depan,” tuturnya.

Corporate Communication Head PT RAPP, Thamrin Hanafi mengatakan salah satu pilar yang ada di bawah Komitmen APRIL2030 adalah Kemajuan yang Inklusif, di mana salah satu targetnya adalah mengedepankan kesempatan dan partisipasi yang setara bagi perempuan. Hal inilah yang menjadi pemicu gagasan yang inspiratif tersebut lahir. APRIL 2030 adalah komitmen perusahaan untuk memberikan dampak yang positif terhadap iklim, alam dan manusia sambil mengembangkan usaha kami secara berkelanjutan. Sebagaimana diketahui, grup APRIL adalah anggota dari grup RGE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur berbasis sumber daya dengan beroperasi secara global. (rls)