oleh

120 Ribu Ekor Bibit Ikan Baung Ditebar di Sungai Kuantan, Suhardiman: Jangan Sentrum, Pukat, Apalagi Putas

TELUKKUANTAN – Wakil Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby menabur bibit ikan baung di Sungai Kuantan, Selasa (22/6/2021). Bibit ikan baung ini merupakan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau dengan jumlah mencapai 120 ribu ekor.

banner 300x250

“120 ribu ekor ini bukan jumlah yang sedikit, kalau hidup semua, ini sangat menguntungkan ke masyarakat, terutama yang bekerja sebagai nelayan,” ucap Suhardiman sembari mengucapkan terimakasih kepada Diskanlau Riau yang dinilai peduli dengan ikan endemik.

Menurut Suhardiman, sudah seharusnya masyarakat Kuansing, terutama ninik mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat untuk sama-sama menjaga sungai agar tetap lestari.

“Saya minta, tiga bulan ke depan semua elemen masyarakat benar-benar menjaga sungai Kuantan, jangan ada sentrum, pukat, apalagi putas. Karena itu mengancam bibit ikan baung yang kita tabur ini. Sehingga ikan yang kita tabur sekarang bisa tumbuh dan berkembang, tentu memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujar Suhardiman.

Penaburan bibit ikan baung ini juga dilakukan oleh Kepala Diskanlau Riau, Herman Muhammad dan jajarannya. Ia menyatakan, ada tiga lokasi yang dijadikan penaburan ikan di sepanjang Sungai Kuantan. Yakni, Gunungtoar, Kuantan Hilir, Sentajo Raya dan Inuman.