oleh

Ratusan massa dari Aliansi Pemuda Islam Riau Peduli Rohingya Turun Kejalan

PEKANBARU (Inforiau.ID) – Kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kepedihan muslim Rohingya sangat terasa beberapa hari belakangan, Rohingya adalah etnis muslim di wilayah Arakan Myanmar, saat ini mereka mengalami pembantaian etnis (genosida) berupa penyiksaan, pembunuhan dan pemerkosaan, pelakunya diduga adalah ekstrimis budha dan militer setempat.

Sejak lama muslim Rohingya mengalami hal tersebut, bahkan kondisi ini kembali memanas sejak menjelang perayaan Idul Adha 1438 H/2017, Rohingya yang masih berada di Rakhine hidup terisolasi dalam ketakutan.

banner 300x250

Sejak tahun 2013 lalu, ribuan warga melarikan diri ke negara-negara Banglades, Indonesia, Malaysia, dan Thailand melalui jalur laut.
Melihat kondisi yang terjadi, beberapa organisasi bergabung di “Aliansi Pemuda Islam Riau Peduli Rohingya”  melakukan penggalangan dana dan orasi di perempatan lampu merah Mall SKA Pekanbaru sore ini (Senin, 4/9).

Aksi dimulai setelah sholat ashar  berjamaah di masjid Namira Pekanbaru kemudian peserta aksi mengumpulkan dana di empat titik lampu merah, puluhan orang dengan membawa kotak menggalang dana ke masyarakat yang sedang mengendarai kendaraan, dan sebagian lagi melakukan orasi di bundaran.

Beberapa organisasi yang tergabung dalam aksi sore ini adalah FKII Asy-syams UIN Suska Riau, UKMI Alkahfi UIR, UKMI Alhuda STIE Akbar Riau, STIE Maha Putra Pekanbaru, BEM STAILe Pekanbaru, BEM UR, ODOJ Pekanbaru, PS Pekanbaru, ITP Pekanbaru, Sahabat Hijrah, IPMK2M Pekanbaru, GBMN (Gemar Berbagi Membangun Negeri), Musaz (Muslimah Sadar Akhir Zaman), Manis (Iman dan Islam), BPI-Riau (Barisan Pemuda Islam-Riau), GMMK Riau, IRMA Raya Annur Prov.Riau, FSRMM, Fodamara, IPMUBAS, PDC (Pesan Dakwah Cinema), JPRMI Pekanbaru, GEMA MA Riau, KAMMI, Perguruan Silat Lintau IX Koto, MRI, ACT Riau.

“kepedulian kita mungkin saat ini hanya doa dan sedikit materi untuk membantu muslim rohingya,” ujar Dewi, salah seorang pengendara yang ikut menyumbang dana.

“kawan-kawan yang menggalang dana ini diberi kemudahan dan pahala oleh Allah SWT,” tambahnya, sesaat sebelum lampu hijau menyala.

#AK20