oleh

SMAN 8, SMA Muhammadiyah 1 dan SMAN 5 Raih Juara di Lomba Daur Ulang Limbah Plastik

PEKANBARU (Inforiau.ID) – Kreatifitas dan inovasi dari pelajar-pelajar SMA di Kota Pekanbaru tak kalah dari daerah lain.

Ini dibuktikan oleh para pelajar dari 5 sekolah yang mengikuti lomba daur ulang limbah plastik yang diadakan oleh MLH Pimpinan Daerah Muhammadiyah  (PDM) Kota Pekanbaru hari ini, selasa (14/10/2017) di halaman kantor PDM Jalan Ahmad Dahlan Pekanbaru.

banner 300x250

Dari 4 jenis penilaian dari dewan juri yakni,  Kegunanan, Kreatifitas, Original dan Legitimasi. Akhirnya dewan juri menetapkan pemenang lomba, Juara SMA Muhammadiyah 1 dan Juara Ketiga diraih SMAN 5.

SMAN 8 diwakili oleh Nadia Nurul Izza, Mhd. Shadam dan Hanan Alya farhana, sedangkan SMA Muhammadiyah 1 terdiri dari Hussein Mubarak, Habib Desvarizu dan Hafizul Ikhsan. Kemudian SMAN 5 diwakili oleh Ricky Perdinan, Joewella dan Frans.

Saat ditanyakan produk yang dibuat oleh tim dari SMAN 8, Nadia Nurul Izaa mengatakan bahwa timnya menamai produk PLASTIK ( Pojok Literasi SMAN 8 Pencinta Lingkungan)
Siswi kelas 10 ini menambahkan produk ini adalah semacam rak untuk menaru buku-buku. Bahan dari produk berasal dari bahan plastik yang didapat dari bank sampah yang terdapat disekolah mereka.

“Ide membuat ini berasal dari pengalaman yang terjadi di sekolah kami, selama ini buku- buku hanya di simpan dilaci meja,” kata Siswi Berhijab ini kepada Inforiau.ID.

Sedangkan Husein Mubarak siswa kelas 11 IPA 3 SMA Muhammadiyah 1, produk yang mereka ikuti lomba adalah produk pengering pakaian yang mereka buat dari ember plastik, dinamo dan aki sebagai penggerak. produk ini diciptakan terinspirasi dari kebutuhan anak kos, dan  teman-temannya yang bersekolah banyak yang anak kos. Produk yang mereka ciptakan bisa mengeringkan 3-4 helai pakaian.

Setiap pemenang mendapatkan Piala dan Uang pembinaan dari pihak paniti. Ide-ide kreatifitas para pelajar ini perlu di apresiasi dan di arahkan untuk menjadi produk terbarukan.

#AK20