oleh

Ingin Menabung Tapi Gaji Minim? Yuk, Gunakan Cara Ini

JAKARTA – Anda memiliki gaji minim, tapi ingin tetap menabung? Tenang saja. Sebab Anda pasti bisa melakukannya setiap bulan. Usahakan Anda terus semangat untuk menabung setiap bulan. Pastikan jika Anda selalu menyisihkan uang untuk tabungan. Gaji yang minim bukanlah alasan yang tepat untuk tidak menabung. Sebab dengan menabung, justru hidup akan jauh lebih aman. Uang tabungan akan sangat bermanfaat untuk masa depan kalau Anda memang benar-benar ingin menabung, tapi gaji minim. Yuk, gunakan cara yang berikut ini agar lancar dalam menabung.

 

banner 300x250

1. Milikilah Dua Rekening Tabungan

Salah satu cara untuk menabung dengan gaji minim adalah dengan memiliki dua rekening tabungan. Cara ini sangat efektif digunakan bagi Anda yang memiliki gaji minim, tapi ingin tetap menabung dengan efektif. Jauh lebih baik Anda menyisihkan uang untuk ditabung daripada membeli barang yang tidak penting. Alokasikan uang Anda untuk hal-hal yang bermanfaat terutama menabung.

Dua rekening tabungan bisa dimanfaatkan untuk dua hal. Yang satu untuk menyimpan uang reguler atau melakukan transaksi dan yang satunya bisa digunakan untuk menabung setiap bulan. Pilihlah bank yang tidak terlalu banyak potongan. Sebab hal ini bisa merugikan Anda dalam jangka panjang. Cara ini bisa membuat Anda lebih efektif dalam menabung. Cara ini juga bisa membuat Anda lebih disiplin dalam mengalokasikan uang setiap bulannya.

2. Buatlah Target

Buatlah target menabung yang disiplin agar nantinya Anda bisa mendapatkan hasil tabungan yang maksimal. Memiliki dua rekening tabungan memang bisa membuat Anda disiplin. Namun, jika Anda membuat target, semua akan jauh lebih berjalan lancar. Pastikan jika pengeluaran Anda tidak lebih dari 40% dari gaji setiap bulannya. Target ini harus Anda miliki supaya nantinya Anda bisa menabung secara efektif.

3. Sisihkan Uang untuk Arisan

Arisan bisa menjadi salah satu cara menabung yang efektif. Namun, tetap berhati-hatilah dalam mengikuti arisan. Jangan sampai Anda tertipu dengan iming-iming arisan yang tidak masuk akal. Akan lebih aman bila Anda mengikuti arisan di tempat tinggal yang orangnya memang sudah Anda kenal. Namun, pastikan juga jika arisan yang Anda ikuti tidak akan membebani pengeluaran nantinya.

 

4. Lakukan Investasi Sejak Dini

Investasi bisa membuat hidup Anda di masa depan lebih baik dari hari ini. Investasi sejak dini bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan yang cerah. Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa Anda lakukan dengan gaji yang minim. Salah satunya dengan berinvestasi emas. Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai tetap dan tidak terpengaruh oleh waktu. Harga emas juga relatif stabil sehingga Anda bisa menyimpannya dalam waktu yang lama.

5. Buatlah Catatan Pengeluaran dan Alokasi Dana

Salah satu cara menabung dengan gaji minim adalah dengan membuat catatan rutin tentang pengeluaran dan alokasi dana setiap bulannya. Buatlah secara detail apa saja yang Anda butuhkan dan apa saja yang akan Anda beli. Pastikan jika apa yang Anda beli memang dibutuhkan. Prioritaskan kebutuhan primer, seperti membayar listrik, tagihan air, dan lain sebagainya. Alokasikan uang Anda dengan tepat agar Anda mampu menabung secara efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

6. Pilihlah Mana yang Jadi Prioritas

Memilih mana yang jadi prioritas adalah hal yang wajib dilakukan. Sebab adanya prioritas bisa mengatur pengeluaran dan kebutuhan. Anda bisa mencatat apa yang dibeli dan berapa perkiraan harga, serta pengeluaran pastinya. Dengan membuat skala prioritas, Anda bisa menabung dengan mudah. Sebab dengan cara ini, Anda bisa memastikan berapa banyak jumlah uang yang akan ditabung nantinya. Selain itu, skala prioritas juga bisa memudahkan Anda untuk mengatur keluar masuknya uang dengan tepat sehingga terhindar dari yang namanya sifat konsumtif.

Mengapa Harus Menabung Walau Gaji Minim?

Ya, tentu saja harus menabung walau gaji minim. Menabung bisa membuat hidup kita lebih aman dari yang namanya kebutuhan mendadak. Dengan menabung, Anda akan lebih disiplin dalam mengalokasikan dana setiap bulannya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan uang untuk hal-hal yang bermanfaat. Usahakan untuk menabung setiap bulan walau gaji tidak seberapa supaya nantinya jika ada kondisi mendesak yang membutuhkan uang, Anda tidak perlu bingung lagi mencari pinjaman ke sana ke sini.

(ris)

Sumber : okezone.com