oleh

PDIP Beri Syarat ke PAN Bila Ingin Gabung Koalisi Jokowi

JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut baik sinyal Partai Amanat Nasional (PAN) yang ingin mendukung Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Namun, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu memberikan persyaratan kepada partai besutan Amien Rais itu jika hendak menjatuhkan dukungan kepada Jokowi.

Persyaratan itu diberikan mengingat hubungan PAN dengan PDIP kerap kurang harmonis. “Syaratnya komitmen berlandaskan kejujuran dan ketulusan,” kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno saat dihubungi, Jumat (29/3/2018).

banner 300x250

Ia menambahkan, pihaknya tak mempersoalkan ihwal kader PAN yang kerap kali melontarkan kritik pedas terhadap pemerintahan Jokowi. Menurutnya, dalam budaya demokrasi sudah sewajarnya bila seorang presiden dikritik agar selalu mawas diri. Selain itu, politik pada dasarnya adalah seni membangun kesepakatan dalam perbedaan.

Hendrawan mengaku, kesenian dalam politik itu adalah bentuk perbedaan yang ujungnya menyatukan pemikiran. Kata dia, bukan sesuatu hal yang tabu bila dalam politik itu yang asalnya berseberangan menjadi beriringan.

“Di alam demokrasi, Jadi tak masalah. Kekuasaan dalam alam demokrasi membutuhkan kritik konstruktif dan solutif,” jelas Hendrawan.

(Baca Juga: Beri Sinyal Dukung Jokowi di Pilpres 2019, PAN: Politik Itu Cair)

Menurutnya, sikap keras yang sering ditunjukkan kader senior PAN, Amien Rais terhadap Jokowi sepertinya akan cair, bila nanti memang berkoalisi dalam menyongsong Pilpres 2019. Sebab, ia meyakni ada informasi yang keliru diterima oleh mantan Ketua MPR tersebut, sehingga acap kali melontarkan kritikan tanpa ada batasnya.

“Pak Amien itu lulusan Universitas Chicago, salah satu universitas beken di AS. Jadi, tidak asbun. Kalau tiba-tiba seperti tanpa rem, alias blong, mungkin karena data dan info yang diterima keliru. Dan bila keliru, saya percaya, orang sekelas Pak Amien akan berani meminta maaf,” tukasnya.

Seperti diketahui, kabar mendekatnya PAN untuk mendukung Jokowi di Pilpres 2019 kian berembus. Apalagi, PAN hingga kini belum menentukan pilihan bakal berlabuh ke Prabowo Subianto.

“Ya kalau ditanya ada kemungkinan atau enggak kita masih menunggu rakernas. Kalau saya bilang ada atau tidak nanti salah. Jadi, semua sangat tergantung hasil keputusan di dalam rakernas,” kata Wakil Ketua Umum PAN, Taufik Kurniawan saat dihubungi, kemarin.

(Ari)