oleh

Gerakan Rakyat Hulu Kuantan Unjuk Rasa di Kebun PT. Meroke Desa Serosah, Kuansing

KUANSING (Inforiau.ID) – Puluhan massa dari Gerakan Rakyat Hulu Kuantan (GRHK) gelar aksi unjuk rasa di Kebun PT. Meroke Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten  Kuansing. Selasa (15/5/2018).

Massa dengan Korlap Khairul Ikhsan Chaniago ini kejelasan tentang Persoalan dana CSR dari PT. Meroke Desa Serosah yang tidak jelas ujung pangkalnya dan dugaan penyerobotan lahan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Sumpu secara ilegal.

banner 300x250

Perusahaan kurang perhatian kepada masyarakat Desa Lubuk Ambacang, Koto Kombu, Sampurago dan Desa Mudik Ulo di Kecamatan Hulu Kuantan.

Pantauan kami, sekira pukul 14.45 WIB, kelompok aksi damai tiba di Pos 1 Kebun PT. Meroke Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan kemudian langsung melakukan orasi dan menuntut agar pihak perusahaan dihadirkan oleh aparat keamanan untuk dihadirkan menemui masa aksi damai.

Tidak berapa lama, pihak perusahan datang menemui massa aksi ke Pos I Kebun PT. Meroke Desa Serosah dan langsung diadakan mediasi ditempat dan dihadiri oleh AKP Fridolin Nababan Kapolsek Hulu Kuantan, Kapten Arh Jufri.S Danramil 08/KM, Shanti Dimetri, SH Kabid Satpol PP Pemkab Kuansing, AKP Deni Afrial Kasat Intelkam Polres Kuansing, Sudarmaji Humas Kebun PT. Meroke, Khairul Iksan Chaniago Koordinator aksi, Pihak Keamanan dan Massa aksi Damai.

Humas Perusahaan, Sudarmaji dalam pernyataannya menyampaikan, untuk Dana CSR hingga saat ini belum ada untuk Desa.

Pihak PT. Meroke bersedia menghadiri pertemuan untuk mediasi di Desa lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan dengan tokoh masyarakat, ninik mamak, dan perangkat Desa.

Untuk kesepakatan bersama dibuat surat peryataan yang intinya pihak perusahaan bersedia bermediasi di Desa Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan.

Dari hasil mediasi, penyampaian dari Massa aksi GRHK diterima dengan baik oleh Pihak perusahaan dan akan disampaikan kepada pimpinan.

Pihak perusahaan bersedia hadir menemui masyarakat Desa Lubuk Ambacang apabila diundang dan bukti pihak perusahaan akan datang dengan membuat surat pernyataan yang ditanda tangani oleh Humas Kebun PT Meroke Desa Serosah, Sudarmaji.

Pengamanan aksi damai terdiri dari Personil Polres Kuansing, Polsek Hulu Kuantan, Personil TNI dan  Sat Pol PP Kuansing. (TW)