oleh

LazisMu Pekanbaru dan IDI Riau Launching Rumah Singgah Pasien Kaum Dhuafa

PEKANBARU (Inforiau.ID) – Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah(Lazismu) Kota Pekanbaru bersama Ikatan Dokter Indonesia Propinsi Riau (IDI RIAU), hari ini  Senin, 23 Juli 2018 meresmikan Rumah Singgah Pasien (RSP) yg dikhususkan untuk kaum dhuafa.

Ketua LazisMu Kota Pekanbaru, Hari Siyanto mengatakan program Rumah Singgah Pasien (RSP) ini dibuat karena masih banyak saudara-saudara kita dari luar kota yang ketika mereka dirujuk berobat ke rumah sakit yang berada di Kota Pekanbaru, namun karena segala keterbatasan tidak sedikit dari saudara-saudara kita yang kurang mampu (dhuafa) harus menginap di tempat-tempat seadanya.

banner 300x250

LazisMu Kota Pekanbaru bersinergi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Propinsi Riau menginisiasi membangun Rumah Singgah Pasien (RSP).

Ketua IDI Riau Zul Asdi, dalam sambutannya mengatakan, RSP ini adalah tindak nyata IDI Riau melihat dan merasakan keadaan pasien-pasien kurang mampu saat berobat.

Zul Asdi menambahkan selain program RSP, IDI Riau juga telah banyak melakukan program lainnya seperti Jumat Barokah bersama Polresta Pekanbaru, pengajian rutin, Bakti Sosial, dan terdekat Qurban bersama. IDI Riau saat ini memiliki 3500 anggota.

Direktur RSUD Arifin Ahmad, dr. H. Nuzeli Husnedi saat memberikan kata sambutan, RSP ini sangat bermanfaat untuk pasien-pasien kurang mampu dari luar daerah Pekanbaru.

“RSUD sebagai user akan sangat terbantu dengan hadirnya RSP. Sebenarnya ide pembangunan RSP juga sedang dirancang oleh RSUD Arifin Ahmad dan dinas terkait hanya belum bisa terlaksana, namun kita bersyukur IDI Riau dan LazisMu Pekanbaru telah memulainya, ” ujarnya.

Mimi Nazir selaku Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Riau mewakili Gubernur Riau, mengpresiasi program RSP ini, pemerintah provinsi Riau menyambut positif program RSP, RSP akan membantu dan menambah peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin di propinsi Riau, pemerintah propinsi dalam hal ini dinas kesehatan akan ikut andil mensosialisasi RSP kata ibu murah senyum ini di akhir sambutannya.

Wan Abu Bakar, selaku Pimpinan Wilayah Muhammadiyah mengatakan program LazisMu Pekanbaru ini sangat progresif dan memberikan manfaat nyata. Mantan Gubernur Riau ini bercerita tentang sejarah LazisMu di masa kepemimpinan Ketua Umum Syafie Maarif.

Beliau menambahkan agar program ini bisa juga diterapkan oleh LazisMu Kab/Kota lainnya.

Hilman latief, selaku ketua LAZISMU PP Muhammadiyah  mengatakan, LazisMu telah banyak bekerjasama dengan berbagai pihak, namun dengan IDI, ini adalah kerjasama pertama LazisMu dengan IDI, semoga kerjasama ini bisa  berlanjut.

Wakil Rektor UMY ini menambahkan program RSP oleh LazisMu Pekanbaru merupakan program yang akan dijadikan program Nasional jika kiranya nanti telah berjalan dan tertata serta managemen yang baik.

“Ini bisa jadi akan diterapkan di daerah lain di luar propinsi Riau” pungkasnya.

Turut hadir di acara launcing RSP, ketua PD Muhammadiyah Syafrizal Syukur, Ketua LazisMu Wilayah Riau, Ketua Dikdasmen PDM Kota Pekanbaru Didi Winarsyah Darul, perwakilan BPJS Propinsi Riau, ketua MDMC PDM Kota Pekanbaru Dede Firmansyah, Ketua KAUMY Riau Andri Syah dan sejumlah tamu.

Rumah Singgah Pasien IDI Riau dan LazisMu Pekanbaru berada di Jl. Suka Terus, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Menempati salah satu rumah yang dimiliki Ir H Masfar Awaloeddin.

Rumah berlantai 2 ini memiliki 3 kamar yang telah di isi berbagai fasilitas yang sebagian besar bantuan dari donatur. (AK)