oleh

Kapolri Belum Putuskan Irjen Idham Aziz Jabat Wakapolri Gantikan Syafruddin

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan bahwa belum ada keputusan siapa pengisi posisi Wakapolri pengganti Komjen Syafruddin yang sudah diangkat jadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Tito mengatakan, pihaknya masih harus berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menunjuk siapa orang nomor dua di Polri tersebut.

banner 300x250

“Karena memang mekanismenya begitu. Itu hak prerogatif Presiden, setelah menyampaikan dan atas persetujuan Pak Presiden soal jabatan wakapolri,” kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Tito menjelaskan tak ada batas waktu soal pergantian Wakapolri tersebut. Ia pun membantah bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz sudah ditunjuk untuk menjabat sebagai Wakapolri.

“Belum ada. Belum,” terangnya.

 

Tito menjelaskan, jabatan Wakapolri dapat diisi oleh jenderal polisi bintang dua dan tiga.

Sementara mantan Wakapolri Komjen Syafruddin menyerahkan sepenuhnya jabatan Wakapolri selanjutnya kepada Kapolri. Menurut dia, masalah tersebut akan dibahas di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

“Terserah Wanjakti nanti. Saya tidak punya kewenangan lagi bicara tentang Wanjakti, tadinya saya ketua Wanjakti, sekarang karena tugas wakapolri sudah diserahkan ke Kapolri sehingga tugas wanjakti diambil alih Kapolri,” katanya.

(sal)