oleh

Panglima TNI Tegaskan Tidak Ada Penjarahan Toko di Palu

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan tidak ada penjarahan toko oleh masyarakat pasca gempa dan tsunami menghantam Palu, Sulawesi Tengah.

“Penjarahan tidak ada. Supermarket yang ada di sana itu dibuka untuk diserahkan kepada masyarakat,” ucap Hadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (30/9/2018).

banner 300x250

Sebelumnya beredar di media sosial foto dan video, warga Palu menjarah supermarket sehari setelah gempa mengguncang kota mereka.

Namun, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membantah telah terjadi penjarahan di beberapa toko serbaada dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di lokasi terdampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Bandara kondisi runtuh, tidak ada yang menunggu, listrik mati. Halaman bandara buat pengungsi. Ada toko di bandara yang rusak akibat gempa, makanan dan minuman berhamburan kemudian diambil masyarakat. Jadi bukan penjarahan, saya melihat kejadian itu,” kata Tjahjo Kumolo.

Tjahjo berada di Palu sejak Sabtu 29 September pagi untuk berkoordinasi langsung dengan pemerintah daerah setempat setelah sebagian besar sarana dan prasarana di Palu dan sekitarnya lumpuh akibat bencana gempa bumi serta tsunami.

(fzy)

Sumber : okezone.com