oleh

Majukan UMKM, Anak Dumai Punya Aplikasi Online Shop yang Bisa Diunduh di Playstore

DUMAI – Kreatifitas dalam memajukan usaha memang tiada batasnya. Salah satu karena alasan ingin memajukan dunia Usaha Mikro Kecil Mengah (UMKM), seorang warga di Kota Dumai, Riau, ciptakan aplikasi Dumai online store yang bisa diunduh dengan mudah melalui di smartphone.

Ajay pemilik Dumai online store mengatakan kepada GoRiau.com, penciptaan aplikasi online shop miliknya bisa diunduh di Playstore. Hanya untuk meningkatkan jual beli pengusaha kecil yang terdapat di kota pesisir Provinsi Riau.

banner 300x250

“Selama dua bulan berjalannya aplikasi jual beli tersebut, sudah terdapat 50 usaha menengah kebawah yang tergabung didalam aplikasi tersebut. Selain itu, terdapat juga tujuh orang kurir lokal yang tergabung didalam Dumai Olstore, dua orang diantaranya adalah perempuan,” kata Ajay, Senin (1/4/2019).

Disebutkannya, pelaku usaha maupun kurir yang ikut menjadi member di aplikasi tersebut tidak dikenakan potongan biaya maupun kenaikan harga yang biasa dilakukan oleh pihaknya setiap barang maupun jasa setiap transaksi kepada konsumen.

“Yang ada cuma donasi sebesar Rp 10 ribu setiap bulan, dana tersebut digunakan untuk biaya server dan juga jasa disain iklan. Serta untuk pengembangan aplikasi ini, sehingga produk yang dijual murah dan terjangkau oleh konsumen,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, para member tidak hanya mendapat wadah dalam melakukan pengembangan bisnis, mereka juga diajarkannya marketing penjualan dan pengembangan usaha. Saat ini, pelaku usaha yang berbisnis melalui aplikasi tersebut telah mengalami peningkatan jumlah produk yang dijual.

“Tidak hanya produk, anggota yang tergabung juga telah merekrut tenaga kerja, sehingga mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Saat ini, aplikasi tersebut tersedia produk kuliner, kecantikan dan kesehatan, pembayaran lainnya, serta bagi masyarakat yang ingin bergabung dapat menghubungi customer service di aplikasi tersebut.

“Kita terus kembangkan aplikasi Dumai Olstore ini, untuk memajukan usaha masyarakat lokal khususnya,” jelasnya mengakhiri.