oleh

SMPN 1 Bantan Raih Penghargaan Penggunaan Bahasa di Ruang Publik

BENGKALIS – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bantan Kabupaten Bengkalis berhasil mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis pada ajang lomba penggunaan bahasa di ruang publik yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Sekolah SMPN 1 Bantan Hj Sulastri ketika menerima penghargaan pada acara Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia 2019 di Gedung Datuk Laksamana Raja Dilaut, Sabtu (5/10/2019).

banner 300x250

Sulastri menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan beberapa bulan lalu setelah melalui beberapa proses seleksi dan penilaian oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Bahasa Riau.

“SMPN 1 Bantan berhasil mengalahkan kabupaten yang ada di seluruh Indonesia, dan di Provinsi Riau ada empat sekolah yang menang pada lomba ini,” kata Sulastri.

Lanjut Sulatri, sekolah pertama yang menang pada ajang ini yakni, SMP N 8 Pekanbaru, MTs N 4 Kampar, SMP N 3 dan 2 Dumai serta SMP N 1 Bantan.

Sulastri memaparkan, lomba ini mengutamakan bahasa negara di ruang publik dengan menampilkan tulisan motivasi yang ditempelkan disekolah, juga ditampilkan baliho sebagai penyemangat untuk siswa sekolah.

“Tulisan yang ditempelkan di sekolah ini selanjutnya di foto lalu dikirim ke UPT Balai Bahasa Riau untuk dilakukan penilaian, Tim penilai pun sempat hadir beberapa waktu lalu untuk membuktikan keabsahan tulisan yang ditampilkan,” tuturnya.

Sulastri berharap dengan penghargaan ini, sekolah yang ada di Kabupaten Bengkalis dapat mengikuti lomba ini pada tahun yang akan datang.