oleh

Diskes Pekanbaru Tunggu Bantuan Disinfektan dan Masker dari Provinsi

PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru saat ini menunggu bantuan cairan disinfektan dan masker dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Diperkirakan bantuan tersebut akan sampai dalam waktu satu atau dua hari kedepan.

“Kita sudah sampaikan dari Provinsi dan ada bantuan untuk kita dalam satu dua hari ini,” ujar Plt Diskes Kota Pekanbaru, Amin, Kamis (19/3/2020).

banner 300x250

Sementara itu, Amin juga memaparkan bahwa penggunaan desinfektan bukanlah solusi utama dalam mencegah penyebaran pandemi Corona tersebut. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar setiap masyarakat senantiasa menjaga sistem imunnya agar tetap kuat, yakni dengan menjaga kebersihan dan mengkonsumsi makanan sehat.

“Penyemprotan disinfektan ini adalah satu upaya kita, tetapi yang paling utama adalah menjaga imunitas tubuh kita tetap kuat,” jelasnya.

Menurutnya, Diskes juga telah membentuk tim untuk memantau Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang sudah berjalan saat ini. Pihaknya juga sudah melaksanakan penyelidikan ke lapangan dan mencari data terhadap orang-orang yang pernah bertatap muka dengan pasien.

“Kita telah dapat datanya, termasuk Puskesmas Simpang Tiga, Jalan Kaharuddin Nasution, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, yang pertama me-ODP kan pasien tersebut,” pungkasnya.