oleh

Plh Bupati Bengkalis: Cegah Corona, Patuhi Imbauan Pemerintah

MANDAU – Salah satu langkah atau upaya agar tidak terkena penyebaran virus corona disease nineteen (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengimbau kepada kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar mematuhi ajakan pemerintah untuk tidak bebas keluar rumah yang sifatnya tidak penting.

Imbauan itu disampaikan Plh. Bupati Bengkalis Bustami HY ketika memimpin apel Kesiapan Penanganan Covid-19 di halaman Parkir RSUD Kecamatan Mandau, Sabtu (21/3/2020).

“Kami sangat meminta kerjasamanya dari masyarakat kita agar mematuhi imbauan pemerintah, semoga dengan mematuhi tersebut dapat membantu memutuskan penyebaran virus korona ini, jangan ada keluar kota jika tidak perlu, jangan keluar di tempat kerumunan orang banyak, kurangi beraktivitas di luar rumah,” pintanya.

Dengan tidak keluar rumah yang sifatnya tidak penting dan mendesak, masyarakat telah membantu pemerintah dalam menangani penyebaran kasus Covid-19 ini.

“Sekali lagi kami mengajak kita semua untuk meningkatkan kesadaran serta kehati-hatian terhadap virus ini, salah satu upaya untuk mencegahnya yaitu dengan sering mencuci tangan secara rutin dan benar, kurangi berinteraksi langsung di luar rumah,” imbuh Plh. Bupati Bengkalis.

Ia juga menambahkan, peran masyarakat sangat penting dalam memutuskan penyebaran Covid-19 ini, peran dimaksud adalah mengindahkan imbauan pemerintah dengan selalu meningkat kewaspadaan.

Pimpin Apel

Plh Bupati memimpin apel kesiapan penanganan wabah Corona (Covid-19) di halaman RSUD Mandau, Sabtu (21/3/2020). Apel diikuti para dokter, perawat dan sejumlah pejabat RSUD Mandau dan anggota BPBD di Kecamatan Mandau.

Plh. Bupati didampingi Asiten II H Heri Indra Putra, Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis H Ersan Saputra, Kepala Pelaksana BPBD Bengkalis Tadjul Mudaris dan Pimpinan Bank Riau menyerahkan simbolis berupa bingkisan untuk para tenaga medis Tim Covid-19.

Plh Bupati menegaskan seluruh sumber daya yang dimiliki RSUD Mandau diharapkan dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pencegahan penyebarluasan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), harus diberdayakan semaksimal mungkin.

Segela peralatan dan obat-obatan untuk menangani kasus ini diminta untuk senantiasa ada dan standby, jika tidak ada atau habis segera lakukan koordinasi dengan pihak pemangku kepentingan.

“Kita harus bergerak cepat dan fleksibel, lebih-lebih Bengkalis telah ditetapkan sebagai siaga darurat terhadap wabah virus korona ini, kami juga meminta untuk terus jaga kekompakan, selalu berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, serta jangan tinggalkan tempat tugas. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pinta Plh. Bupati.

Bustami juga memberikan apreasiasi kepada Direktur RSUD Kecamatan Mandau dan seluruh dokter, perawat dan petugas lainnya yang sudah siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan pengecekan Covid-19.