oleh

RSUD Bengkalis Siapkan Poli Covid-19, Lengkap dengan Ruang Tunggu

BENGKALIS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis gencar melakukan pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19).

Plt Direktur RSUD Bengkalis, Ersan Saputra, Selasa (24/3/2020) mengimbau, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak panik dan tetap tenang dalam menghadapi wabah corona.

Ersan mengatakan, RSUD Bengkalis merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien yang dalam pantauan ataupun sudah terjangkit. Untuk menyikapi hal tersebut RSUD Bengkalis sudah menyiapkan 5 ruang isolasi penanganan corona dimana disetiap ruangan telah disiapkan masing-masing tempat tidur dan akan terus dilakukan penambahan.

“Kita sudah menyiapkan Poli Covid-19, lengkap dengan ruang tunggu yang berjarak antara satu pasien dengan pasien lainnya, juga terdapat Rontgen Mobile dan pelayanan laboratorium,” jelas Ersan.

Ersan juga menambahkan RSUD Bengkalis sebelumnya juga sudah melakukan upaya pencegahan yaitu dengan meniadakan jam kunjung pasien, membatasi penunggu pasien dan menskrining seluruh pengunjung yang akan memasuki area RSUD.

“Di pintu masuk sudah ada dokter dan perawat yang bertugas, jadi seluruh pengunjung yang akan memasuki area RSUD Bengkalis semuanya akan kita lakukan skrining seperti panas lebih dari 38 derajat Celsius, batuk, pilek, sesak napas dan paling penting pasien yang punya riwayat berkunjung kewilayah atau negara yang sudah ada kasus Corona,” kata Ersan.

Selanjutnya Ersan juga menambahkan, selain melakukan skrining terhadap pasien dan pengunjung, meniadakan jam berkunjung, pihak RSUD juga rutin melakukan disinfektan ruangan yang dilakukan oleh petugas sanitasi RSUD Bengkalis.

“Penyemprotan ini akan kita lakukan dua kali dalam sehari dan dilakukan di seluruh ruangan serta sejumlah tempat yang dianggap rawan penyebaran virus,” ungkap Ersan.