oleh

Ratusan TKI yang Dipulangkan dari Malaysia akan Diperiksa Kesehatan, Jika Terkena Covid-19 Bakal Dikarantina di Pulau Galang

PEKANBARU – Diperkirakan sekitar 500 lebih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Pulau Sumatera yang merantau di Malaysia akan dipulangkan ke Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Yang mana diantara rombongan TKI ini, diantaranya juga terdapat warga Riau.

“Pemulangan TKI dari Malaysia ini akan dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Totalnya semua sekitar 500 orang lebih, diantaranya dari Riau,” kata Gubernur Riau, Syamsuar usai menggelar teleconference bersama Walikota Dumai dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (26/3/2020).

banner 300x250

Nantinya, kata Gubri, para TKI yang transit di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun ini akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan secara ketat. Sehingga apabila nanti ada TKI yang ducurigai terkena virus Corona (Covid-19), maka orang tersebut akan langsung dikarantina di Pulau Galang, Batam.

Sementara untuk Riau, telah disiapkan Pelabuhan Dumai sebagai pintu masuk. Pemerintah Kota Dumai sendiri sudah melakukan persiapan mengantiaipasi segala kemungkinan berkaitan pemeriksaan kesehatan jika diperlukan.

Khusus untuk jumlah TKI asal Riau, Gubri mengaku belum mendapatkan informasi pasti. Namun begitu menurutnya lagi, TKI asal Riau tersebut ada dari Bengkalis, Selatpanjang dan Tembilahan.

“Hari ini Walikita Dumai sedang menunggu kedatangan para TKI. Dari Riau kita belum tahu, tapi yang jelas ada titik yang singgah untuk Riau. Misalnya Bengkalis, Selatpanjang dan Tembilahn,” papar Gubri.