oleh

Wabup Said Hasyim bersama Kapolres Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Kota Selatpanjang

SELATPANJANG – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemkab Kepulauan Meranti untuk mencegah dan melindungi warganya dari penyebaran virus Corona atau Covid-19. Seperti yang saat ini dilakukan Pemkab Meranti bersama dengan pihak Polres serta instansi lainnya yang tergabung dalam gugus tugas dengan melakukan penyemprotan masal Disinfektan disepanjang Jalan Protokol Kota Selatpanjang, aksi ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim dan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kamis (26/3/2020) sore.

Turut serta bersama rombongan, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE, Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr Misri, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Tasrizal Harahap, Danramil Selatpanjang diwakili Lakatang, pihak pemadam kebakaran serta Staf Humas dan Protokol Meranti.

banner 300x250

Penyemprotan itu sendiri bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kepulauan Meranti yang dimulai dari jalan protokol Kota Selatpanjang. Seperti diketahui daerah ini merupakan daerah transit dimana masyarakatnya cukup banyak mengadu nasib di negara tetangga Malaysia dan Singapura yang cukup berpotensi membawa virus Covid-19 saat balik ke Selatpanjang Kepulauan Meranti.

Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan Mobil Tangki Pemadam Kebakaran Milik Pemkab Meranti berkapasitas 10 ribu liter. Lokasi pertama yang disasar untuk sterilisasi menggunakan Disinfektan adalah Jalan Kesehatan menuju Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang. Di lokasi ini penyemprotan langsung dilakukan oleh Wakil Bupati, Drs H Said Hasyim secara bergantian dengan Kapolres Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, penyemprotan dilakukan disetiap sudut pelabuhan dan warung-warung yang ada di kiri kanan pelabuhan, ruang tunggu pelabuhan hingga kendaraan yang terparkir disepanjang pelabuhan tak luput dari penyemprotan.

Pada kesempatan itu, Pemkab Meranti dan polres serta semua pihak yang tergabung dalam gugus tugas pencegahan penyebaran virus Corona, mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atas kepeduliannya dan tak lupa mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari aktivitas penyemprotan Disinfektan tersebut. Menurut wabup penyemprotan ini sesungguhnya tak lain adalah untuk kepentingan dan keselamatan masyarakat Meranti dari penyebaran virus Corona.

Usai Pelabuhan selanjutnya rombongan bergerak mengitari jalan protokol Kota Selatpanjang yakni Jalan Diponegoro – Kartini – Imam Bonjol – A Yani dan kembali ke lokasi semula Kantor Dinas Kesehatan Meranti.

Sembari melakukan penyemprotan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto didampingi Kadis Kesehatan, dr Misri Hasanto menggunakan pengeras suara tak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk mentaati surat edaran Bupati Meranti diantaranya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, untuk menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Selain itu juga mengingatkan masyarakat apabila mengalami gejala badan kurang sehat, demam tinggi serta sesak nafas dapat segera memeriksa kesehatan di puskemas dan rumah sakit, dan khususnya bagi warga yang baru balik dari luar negeri diminta untuk tetap di rumah hingga 14 hari kedepan.

Penyemprotan itu sendiri rencananya akan dilakukan secara bertahap mulai dari jalan-jalan protokol Kota Selatpanjang hingga fasilitas pelayanan publik, perkantoran hingga rumah ibadah. (rls)