oleh

Babinsa Desa Lubuk Kembang Tingkatkan Patroli untuk Antisipasi Karhutla dan Corona

PEKANBARU – Ditengah pandemi Corona, Babinsa Koramil 04/PKL Kuras Kodim 0313/KPR meningkatkan patroli dan sosialisasi untuk antisipasi pencegahan Karhutla dan penyebaran Corona kepada masyarakat.

Dipimpin Serma Burhanuddin, patroli rutin dilakukan di wilayah areal hutan TNTN (Taman Nasional Tesso Nilo) Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Kamis, (2/4/2020). Tim menggunakan sepeda motor untuk menjangkau pelosok kampung di sekitar hutan TNTN.

banner 300x250

“Tak bosan-bosannya Babinsa menyosialisasikan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat sekitar agar tidak membakar lahan secara sembarangn, serta sanksi hukum yang berlaku apa ila masyarakat sengaja membakar lahan,” ujarnya, Kamis, (2/4/2020).

Serma Burhanuddin menjelaskan dampak kebakaran hutan yang disebabkan kecerobohan manusia sudah berkali-kali dirasakan oleh masyarakat. Tak hanya merusak kesehatan pernafasan manusia, juga merusak ekosistem alam yang ada.

Ia juga mengajak masyarakat agar bersinergi bersama. Caranya, dengan melaporkan kepada pihak berwenang apabila mendapati kejadian kebakaran hutan.

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 04/Pkl Kuras Kapten Inf Masrah saat dikonfimasi mengatakan bahwa memang benar Babinsa dan jajarannya sudah diperintahkan untuk melakukan patroli dan sosialisasi karhutla secara rutin terutama wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan.