oleh

Melayat ke Rumah Duka Terjangkit Positif Corona, Warga Harus Isolasi Mandiri

SIAK – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Siak meminta Camat Siak untuk mendata seluruh pelayat yang datang ke kediaman SN (63) warga kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau yang hasil rapid tes nya positif Corona.

Hal itu disampaikan Bupati Siak, Alfedri dengan tegas dalam jumpa pers di kantor Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Siak, Minggu (12/4/2020) siang.

banner 300x250

“Kami minta kepada Camat dan RT setempat untuk mendata siapa saja pelayat yang datang maupun kontak langsung almarhum,” kata Alfedri yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Siak.

Alfedri menegaskan kepada warga yang melakukan kontak erat dengan jenazah, berdiam diri di rumah atau isolasi mandiri dan menjaga kontak dengan orang lain.

“Kami nanti akan membagikan masker kepada seluruh pelayat yang datang ke rumah duka. Untuk yang kurang mampu akan diberikan bantuan sembako, karena dengan isolasi mandiri, mereka tidak dibenarkan beraktivitas di luar rumah,” ujar Alfedri.

Sedangkan untuk istri dan anggota keluarga SN akan diisolasi di Asrama Haji selama 14 hari ke depan. Mereka tidak dibenarkan keluar dari Asrama Haji selama masa isolasi tersebut.

“Selama 14 hari keluarganya tidak boleh pulang ke rumah. Dan akan dilakukan perawatan oleh petugas medis yang sudah ditempatkan di sana,” tutur Alfedri.

Sebelumnya diberitakan, warga Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau berinisial SN (63) yang meninggal di RSUD Tengku Rafian Siak, Sabtu malam (11/4/2020) dinyatakan terjangkit virus Corona.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSUD) Tengku Rafian Dr. H Benny Chairuddin mengatakan almarhum tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. Namun istrinya baru saja datang dari Sumatera Barat, salah satu daerah terjangkit Covid-19.

Mengetahui informasi tersebut kemudian pihak rumah sakit segera melakukan test, dan kemudian kembali menjemput jenazah di rumah duka untuk dibawa kembali ke RSUD Siak, dan kemudian dilakukan pengecekan yang dan mengeluarkan hasil Rapid Test positif Corona.