oleh

Hanya 1 Kali dalam 12 Hari Terakhir, Kasus Positif Covid-19 di Kota Pekanbaru Terus Menurun

PEKANBARU – Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan kasus positif Covid-19 di Kota Pekanbaru terus mengalami penurunan. Hal ini disampaikannya berdasarkan data kasus positif Covid-19 sebelum penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai tahap ketiga yang berlangsung saat ini.

Ia menyebutkan, bahkan dalam 12 hari terakhir, yakni dimasa PSBB ketiga, hanya ada 1 kasus Covid-19 yang terjadi.

banner 300x250

“Alhamdulillah, sejak tanggal 14 Mei sampai sore kemarin, data kita menunjukkan hanya ada 1 kasus positif Covid-19. Kita tidak tahu kasus ini penularannya dari mana, karena pasien tidak ada riwayat kontak, maka kita kategorikan transmisi lokal,” jelasnya, Rabu (27/5/2020).

Menurutnya, dengan data yang menunjukkan penurunan kasus positif Covid-19 ini, Pemko Pekanbaru semakin optimis dengan prediksi analisa sebelumnya yang pernah diungkapkan. Yaitu, bahwa Kota Pekanbaru akan terbebas dari virus Corona sekitar akhir Juni 2020.

“Semakin tergambar prediksi analisa kita, yang kita perkirakan saat mengevaluasi PDP dan Positif Covid-19 di PSBB pertama. Waktu itu, kita perkirakan, 99 persen kita akan terbebas dari virus Corona sekitar akhir Juni mendatang, dan di bulan Juli kita sudah normal,” jelasnya.

Namun, ia mengatakan prediksi analisa tersebut tentunya harus diwujudkan dengan upaya bersama pemerintah dan masyarakat.

“Kita juga tidak bisa lepas dari saudara-saudara kita dari provinsi tetangga, bilamana kedepan rembesan arus mudik lebaran menjadi arus balik harus kita waspadai. Artinya ketaatan masyarakat dalam melaksanakan PSBB,” pungkasnya.