oleh

SMA Cendana Duri, Sekolah yang Tepat Menunjang Kreatifitas, Bakat dan Potensi Anak

DURI – Sesuai dengan visinya, SMA Swasta Cendana Mandau melengkapi fasilitas sekolah untuk menunjang proses belajar mengajar serta menunjang kreatifitas anak didik dalam mengembangkan potensi dan bakat anak.

Untuk itulah, SMA Swasta Cendana Mandau ini salah satu sekolah di Duri yang direkomendasikan bagi pelajar yang baru saja lulus dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

banner 300x250

Kepala SMA Cendana Mandau, Dra Wiselmi MM mengatakan visi SMA Cendana ‘Mewujudkan Manusia yang Cerdas, Berkarakter Kebangsaan, dan Sukses Berkompetisi Secara Global’. Tentunya sekolah ini harus menyediakan fasilitas yang lengkap.

Dijelaskan Wiselmi, seluruh ruangan sudah full AC. Dari kantor Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Tata Usaha, Ruang BP/BK, Mushalla, UKS, Labor, Majelis Guru, Ruang Komputer, Ruang Musik, Ruang Prakarya, Perpustakaan, Ruang Kelas, Ruang Seni, dan Ruang Pertemuan, semuanya memiliki pendingin ruangan.

“Untuk labor juga sudah lengkap, ada labor fisika, Labor kimia, labor biologi dan labor komputer. Semuanya dilengkapi dengan pendingin ruangan,” katanya.

Hebatnya, perpustakaan SMA Cendana yang diberi nama Tenas Effendy ini sudah masuk skala Nasional, dengan koleksi buku lengkap, ada koleksi khusus untuk anak berkebutuhan khusus, dan ada almari melayu, yang menyimpan buku-buku khusus tentang melayu.

“Perpustakaan Tenas Effendi SMA Cendana Mandau, terdiri dari perpustakaan digital, perpustakaan keliling dan perpustakaan sekolah yang juga sekaligus berfungsi sebagai perpustakaan umum,” kata Wiselmi.

Perpustakaan ini pernah meraih juara 1 dalam lomba perpustakaan tingkat SMA/MAN se-Propinsi Riau (Pekanbaru, 22 Mei 2017). Juara 2 lomba Perpustakaan kategori SMA / MAN tingkat Nasional (Jakarta, 11-13 September 2017), menyabet peringkat 1 Pameran Perpustakaan Kabupaten Bengkalis (Bengkalis, 22-26 Oktober 2017), dan berhasil mendapat nilai tertinggi se-Riau untuk Akreditasi Perpustakaan dengan nilai 91,3 ( 6 Desember 2017).

Masih di lingkungan sekolah dan tidak jauh dari parkiran yang luas juga ada Sport Hall yang luas, nyaman dan bertaraf nasional. Untuk yang beragama Islam, bisa melaksanakan ibadah di Mushalla yang bersih nan nyaman, dengan air dan tempat berwudhu yang banyak kerannya.

Wiselmi menjelaskan, untuk menikmati makanan sehat, para orangtua tidak perlu khawatir dengan anaknya. Sebab ada kantin dengan beragam menu makanan, jenis dan menu makanan dikontrol ketat oleh ahli gizi dari rumah sakit.

“Sekolah kita juga ada ruangan UKS lengkap dengan obat-obatan, timbangan, tempat tidur, dll. Ada ruang BK/BP, yang luas, adem, kondusif dan sangat terjaga kerahasiaan pribadi sang anak yang berkonsultasi. Untuk keberhasilan sekolah termasuk toilet tidak perlu diragukan,” kata Wiselmi.

Di Ruang Seni kedap suara, kata Wiselmi, biasanya anak-anak tidak grogi latihan nyanyi meski dengan suara sumbang karena tidak kedengaran keluar. Dan biasanya, anak-anak suka memanfaatkan 23 saung untuk berdiskusi, makan bersama, mengerjakan tugas dan melepas penat.

“Taman Sekolah yang indah, cantik lagi asri, inilah taman yang banyak diakui orang tua, siswa dan tamu yang berkunjung, sebagai salah satu taman terindah yang pernah dilihatnya. Di sekolah juga ada kebun buah, beragam jenis buah-buahan, dari Lengkeng, mangga, jambu, jeruk, dll,” tutur Wiselmi.