oleh

Kondisi Bangunan Memprihatinkan, Pustu Telaga Sam-sam Tak Layak Pakai

KANDIS – Puskesmas Pembantu (Pustu) harus dimiliki oleh setiap desa, untuk melakukan pelayanan kesehatan maksimal bagi masyarakat, tentu saja kondisi bangunannya juga harus bagus dan sehat.

Namun di Kelurahan Telaga Sam-sam, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau, kondisi bangunan Pustunya justru sangat memprihatinkan. Bahkan tak layak untuk ditempati lagi.

banner 300x250

Menurut keterangan warga, plafon dan atap Pustu sudah banyak yang bocor hingga kropos, dinding retak-retak, toilet pasien tidak ada, dan kunsen pintu serta jendela sudah pada lapuk dimakan rayap.

“Sudah setiap Musrenbang diusulkan melalui Kecamatan, tetapi tidak juga pernah terealisasi hingga kini perbaikannya. Padahal bangunannya sudah sangat tua dan lapuk,” ujar Irej kepada GoRiau.com, Rabu (10/6/2020).

Menurut Irej, meski jarak Pustu Telaga Sam-sam dengan kantor Pemerintahan Kecamatan Kandis cukup jauh, namun ia menjadi bagian tempat dari pelayanan masyarakat bidang kesehatan yang juga harus tersentuh pembangunan.

“Butuh waktu 1 jam memang dari Telaga Sam-sam ke Kantor Camat Kandis, tapi ini juga harusnya tersentuh pembangunan,” kata Irej lagi.

Mewakili masyarakat, Irej berharap Bupati Siak Alfedri peduli dengan kondisi Pustu ini.

“Kalau tidak percaya, bapak bisa datang mengecek langsung ke sini lihat kondisinya. Sangat banyak kekurangan Pustu ini, bahkan untuk sarana air bersih pun petugas medisnya pakai dana pribadi,” kata Irej.