oleh

Bantu Pilot Pesawat Tempur yang Jatuh, 6 Prajurit TNI AD Dapat Penghargaan

PEKANBARU – Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Ronny Moningka meninjau lokasi bekas jatuhnya pesawat tempur di Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Lanud Pekanbaru memberikan penghargaan kepada TNI AD yang membantu pilot pesawat tempur.

Enam prajurit TNI AD yang diberikan penghargaan berasal dari Batalyon Arhanud 13 PYB Kubang. Lokasi markas tidak jauh dari jatuhnya pesawat tempur Hawk 100/200 di Perumahan Mutiara Sialang Indah.

banner 300x250

“Saya mewakili Kepala Staf Angkatan Udara memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada enam anggota Arhanud. Mereka telah membantu mengevakuasi penerbang kami yang selamat dengan kursi lontar,” kata Danlanud Roesmin Nurjadin Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Pesawat Tempur Jatuh di Kampar Riau

Selain prajurit AD, TNI AU memberikan penghargaan berupa bingkisan kepada warga setempat yang turut membantu pilot Skadron 12, Lettu Apriyanto Ismail. Kala itu, sang pilot tersangkut di atap sebuah rumah kosong.

“Untuk warga yang kami berikan penghargaan jumlahnya dua orang. Kami berterikasih kepada semua pihak yang turut membantu,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwira Jaga Batalyon Arhanud, Pelda Lotsen Saragih mengatakan saat peristiwa itu dirinya bersama lima anggotanya membantu Lettu Apriyanto Ismail yang berhasil keluar dari pesawat dengan kursi lontar dan membuka parasut.

“Melihat pilot keluar dengan kursi lontar, anggota langsung menuju lokasi jatuhnya pilot. Kemudian membantu membuka parasut dan mengantar pilot ke rumah sakit,” kata perwakilan penerima bantuan dari Batalyon Arhanud.

Dalam musibah ini dua rumah warga tertimpa badan pesawat Hawk 100/200 dan satu rumah warga rusak terkena kursi lontar.

(fmh)

Sumber : okezone.com