oleh

Cegah Penularan Covid-19, Seluruh Pasar Tradisional di Siak Terapkan Protokol Kesehatan

SIAK – Tegasnya tim gabungan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak melakukan pengawasan terkait penerapan protokol kesehatan di seluruh pasar tradisional, membuat warga semakin sadar membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.

Pantauan GoRiau.com di pasar Belantik, Kecamatan Siak, warga yang datang ke pasar wajib menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum melakukan transaksi jual beli. Untuk warga yang tidak menggunakan masker tidak dibolehkan masuk ke area pasar.

Pengawasan ekstra ketat itu dibantu oleh anggota Koramil 03 Siak, Polsek Siak, Satpol PP dan Disperindag Siak, Rabu (8/7/2020).

Babinsa Siak Serda Arianto mengatakan, pelaksanaan protokol kesehatan ini selain untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga untuk membiasakan masyarakat Siak hidup bersih selama penerapan new normal.

“Pedagang dan warga yang datang berbelanja akan diedukasi tentang pentingnya protokol kesehatan. Meski mereka mengaku sudah paham, tapi imbauan kita tetap kita sampaikan tanpa bosan. Warga yang tiba di pasar lengkap menggunakan masker, kita suruh cuci tangan dulu,” kata Babinsa Siak Serda Arianto.

Meski rutinitas itu akan membuat tim gabungan sibuk, tapi mereka tetap tegas dalam menerapkan protokol kesehatan. Bahkan alat thermogun juga selalu ditembakkan kepada setiap pengunjung pasar, baik pembeli maupun pedagang.

“Jika ada ditemukan suhu tubuh yang melebihi dari 38 derajat, maka selanjutnya akan kami sampaikan ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Siak, untuk dilakukan langkah lebih lanjut,” tuturnya.