oleh

Tingkatkan Akses Pembiayaan Pertanian, Bupati Alfedri Ingin Petani Manfaatkan KUR

SIAK – Sulitnya mendapatkan modal dan pemasaran menjadi masalah utama yang dihadapi masyarakat khususnya para petani. Saat ini di Siak sudah ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para petani.

Pemerintah pusat bekerja sama dengan himpunan bank negara menyiapkan modal usaha bagi masyarakat dalam meningkatkan produksi pertanian, hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik-baiknya.

“Harapan kita program ini berjalan dan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Siak. Dan hari ini masyarakat akan mendapat penjelasan mengenai KUR ini,” kata Bupati Siak, Alfedri saat membuka Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kegiatan Fasilitasi Pembiyaan Pertanian, Rabu, (8/7/2020) di Minas.

Dijelaskan Bupati, pemerintah mendorong kedaulatan pangan, karena kalau tidak berdaulat bangsa ini tidak kuat dalam menjaga kedaulatan pangan khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Bisa dibayangkan bapak ibu, kalau kita tidak memiliki stok pangan yang cukup dan hanya mengandalkan impor beras dari Vietnam dan Myanmar. Jika mereka stop pengiriman logistik dengan alasan wabah corona, kita mau makan apa. Negara kita dianggap lemah ekonomi akan rapuh, itu kalau kita tidak memiliki stok pangan yang cukup, makanya pentingnya kedaulatan pangan itu” terangnya.

Lanjutnya, Pertahanan pangan menjadi program strategis pemerintah yang harus dicapai bersama terutama pada tanaman Padi, Jagung, Kedelai dan Daging.

“Menteri Pertanian (Mentan) di bawah kemudi pak Syahrul Yasin Limpo ada dua hal yang di lakukan beliau pertama mendorong orentasi ekspor kemudian juga mendorong UMKM agar tumbuh dan,”tutupnya.