oleh

IZI Riau Bantu Biaya Berobat Jainal Penderita Infeksi Hati

PEKANBARU – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau memberikan bantuan biaya akomodasi berobat untuk Jainal, warga Kelurahan Pulau Padang Kabupaten Kuantan Singingi yang menderita infeksi hati dan sedang dirawat disalah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru.

Tim IZI Riau lansung mendatangi rumah sakit tempat Jainal dirawat. Seperti yang diketahui, Jainal menderita infeksi hati yang menyebabkan perutnya membengkak dan terbaring di rumah sakit. Sehari-harinya, Jainal hanya bisa baring, bahkan untuk BAB terpaksa menggunakan pampers.

Selama ini, Jainal bekerja sehari-hari sebagai penoreh karet dikebun miliknya sendiri. Biasanya ia menorah karet bersama istrinya. Namun semenjak tahun 2007, Jainal mengidap penyakit batu ginjal sehingga dia sering pingsan ketika sedang menoreh getah di kebunnya. Akhirnya keluarga Jainal membawanya ke rumah sakit untuk membuang batu ginjal tersebut.Sehabis operasi batu ginjal ternyata Jainal tidak bisa bekerja seperti biasanya, ia harus banyak istirahat di rumah.

Bulan Juli 2020, penyakit Jainal semakin parah sehingga harus di rawat di Rumah Sakit Aulia Pekanbaru lebih kurang 10 hari lamanya. Ia divonis oleh dokter menderita infeksi hati sehingga perutnya semakin membengkak dan mulai sesak nafas. Biaya pengobatannya ditanggung oleh BPJS, namun untuk akomodasi berobat sangat membutuhkan uang yang banyak. Keluarganya harus membayar ambulance dari Kuantan Singingi ke Pekanbaru, belum lagi biaya makan minum istri serta anaknya selama mendampingi Jainal di rumah sakit di tambah lagi biaya pampers Jainal yang tiap hari harus dibeli.

Setelah 10 hari di Rumah Sakit Aulia, penyakit bapak Jainal tidak menunjukkan tanda-tanda akan sembuh, pihak rumah sakit menyarankan keluarganya untuk dibawa ke Rumah Sakit Syafira. Mereka direkomendasikan untuk berobat dengan salah satu dokter penyakit dalam yang ada di Rumah Sakit Syafira. Keluarga Jainal akhirnya membawanya ke Rumah Sakit Syafira dengan uang pegangan seadanya.

Irwan salah satu karyawan IZI Riau langsung mendatangi Rumah Sakit Syafira untuk melihat keadaan Jainal. Jainal ditemani oleh istri beserta menantunya selamaia dirawat dirumah sakit.

“Alhamdulillah, Terima kasih IZI, kami sudah tidak tahu harus cari uang kemana lagi, semoga berkah orang-orang yang berinfak di IZI,” ujar istri Jainal dengan haru.

Sementara itu, perwakilan IZI Riau, Irwan berdoa semoga Jainal segera sembuh. “Semoga pak Jainal lekas sembuh dan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, inilah takdir kehidupan, yang jelas kita harus selalu sabar dan berusaha semaksimal mungkin,” ujarnya.