oleh

Madrasah Khalifah Usman Rohil Gelar Shalat Idul Adha Sesuai Protokol Kesehatan

BAGANSIAPIAPI – Ratusan Jamaah tariqat naksabandiah rumah suluq Khalifah Usman Jalan Madrasah Bagansiapiapi Rokan Hilir Riau, Jumat (31/7/2020) melaksanakan sholat Idul Adha 1441 Hijriah sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Bertindak sebagai imam tuan guru Khalifah Idris dengan Khatib Al Ustaz Rio Wahyudi dan bilal M Khutbah Hakim. Dalam khutbah Idul Adha 1441 Hijriah, ustaz Rio Wahyudi menyampaikan sejarah perjuangan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah SWT untuk melaksanakan qurban.

“Qurban sesuai syariat, daging hewan qurban itu hendaknya diberikan kepada yang mustahak menerimanya, intinya berbagi dan dilaksanakan pada hari tasrik,” ungkap Ustan Rio Wahyudi.

Usai sholat, jamaah melanjutkan dengan bersilaturahmi ke kediaman tuan guru Khalifah Idris Bin Khalifah Usman, tokoh ulama dan syiar suluq di Bagansiapiapi Rokan Hilir Riau .

“Untuk pelaksanaan pemotongan hewan qurban, Sabtu 1 Agustus,” ucap Khalifah Idris.

Sementara itu Plt Kepala Kemenag Rohil H Sakolan Khalil MAg yang dihubungi terpisah terkait pelaksaan sholat Idul Adha 1441 H menyebutkan ada 13 lokasi shalat yang ditetapkan Pemkab di Bagansiapiapi.

“Ada tiga belas titik lokasi, sebelumnya kita sudah meminta untuk menyediakan tempat cuci tangan, air, sabun dan handsanitizer dan mengikuti prokol kesehatan,” ujarnya.

Disinggung jumlah hewan kurban tahun ini, Sakolan Khalil menyebutkan ada penurunan namun ada juga peningkatan. “Jumlah yang terdata di Kemenag, kerbau 12 ekor, kamping 443 dan lembu 1.631 ekor,” tutupnya.