oleh

Sehari Setelah Meninggal, Warga Kuansing Dinyatakan Positif Covid-19

TELUKKUANTAN – Tn AS (53), warga Sentajo Raya, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau dinyatakan positif Covid-19. Hasil swab diumumkan Gugus Tugas Provinsi Riau pada 3 Agustus 2020, sehari setelah pasien meninggal dunia.

banner 300x250

Menurut dr. Amelia Nasrin, Jubir Penanganan Covid-19 Kuansing, Tn AS dirujuk dari IGD RSUD Telukkuantan pada 28 Juli 2020 ke RS Syafira. Ia didiagnosa gagal jantung, pneumonia, hipertensi dan gagal jantung.

“Hasil rapid tes di UGD non reaktif. Pasien meninggal pada 2 Agustus 2020. Hasil swab keluar pada 3 Agustus 2020 dengan hasil positif Covid-19,” ujar Amelia di Telukkuantan.

Setelah dinyatakan positif, Dinas Kesehatan Kuansing bersama Puskesmas melakukan tracing terhadap orang yang kontak dengan AS. Hasil tracing sudah menjalani swab pada hari ini, 6 Agustus 2020.

“11 orang jalani swab hari ini. Mereka yang kontak dengan pasien,” ujar Amelia.

Amelia membenarkan bahwa prosesi pemakaman Tn. AS tidak mengikuti protokol Covid-19. Karena itu, orang-orang yang jalani swab terdiri dari anggota keluarga dan tetangga yang terlibat prosesi penyelenggaraan jenazah hingga pemakaman.