oleh

Puskesmas Diminta Lakukan Pendataan dan Rujuk Pasien OTG ke Tempat Isolasi Pemerintah

PEKANBARU – Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan tempat karantina mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau OTG yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hingga saat ini masih mencukupi untuk menampung pasien isolasi.

banner 300x250

“Tempat isolasi yang disediakan oleh pemerintah sekarang ini belum penuh. Makanya kami minta ke Pemerintah Kota Pekanbaru agar menginstruksikan Puskesmas mereka untuk merujuk pasien terkonfirmasi positif isolasi ke tempat yang telah disediakan,” kata Mimi di Kantor Gubernur Riau, Rabu (30/9/2020).

Ia juga meminta agar petugas Puskesmas yang ada di Pekanbaru dan daerah lainnya, bisa mendata dan menjemput setiap OTG yang mengkarantinakan diri di rumah. Khususnya bagi yang rumahnya tidak layak untuk karantina mandiri.

“Supaya lebih terkontrol, OTG ini dirujuk ke tempat isolasi yang sudah disediakan pemerintah saja. Nah itulah teman-teman Puskesmas Dinas Kota untuk bisa melakukan pendataan dan penjemputan tersebut,” tegas Mimi.

Untuk diketahui, pasien terkonfirmasi positif di Riau, yang setiap harinya masih terus terjadi peningkatan 80 persennya dari pasien OTG positif. Kota Pekanbaru, masih menjadi daerah penyumbang kasus positif di Riau, yakni sebanyak 3.426 kasus, disusul Kota Dumai sebanyak 795 kasus, Kabupaten Kampar 778 kasus, Siak 779 kasus, dan Pelalawan 580 kasus.