Masalah Sampah Serta Pemberhentian THL, DPRD Pekanbaru Segera Rapat Lintas Komisi dan Panggil DLHK

Riau62 Dilihat

PEKANBARU – DPRD Kota Pekanbaru akan segera menggelar rapat lintas komisi terkait permasalahan dalam Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, mulai dari tumpukan sampah hingga Tenaga Harian Lepas (THL) yang menjadi korban pemecatan lewat grup Whatsapp.

Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Ida Yulita Susanti mengaku sangat geram dengan DLHK ini, karena dirinya mendengarkan langsung bagaimana keluhan para THL ini atas kesewenang-wenangan Kadis LHK terhadap mereka.

banner 300x250

“Jam 1 malam diberhentikan melalui WhatsApp, surat tertulisnya tidak ada, sebelumnya mereka diminta membuat surat permohonan perpanjangan kontrak,” kata Politisi Golkar ini, Sabtu (16/1/2021).

Berdasarkan cerita-cerita yang dia dapatkan langsung dari para THL ini, Ida mengaku kasihan dengan para THL yang sudah belasan tahun mengabdi, namun malah kontraknya tidak diperpanjang jauh-jauh hari sebelum kontrak habis.

“Termasuk tukang sapu jalan yang usianya sudah tua-tua, harusnya disampaikan jauh-jauh hari, supaya mereka bisa bersiap-siap, misalnya yang mau kredit, tidak jadi kredit, ini kan ada yang punya tanggungan kredit jadinya,” tuturnya.

Untuk itu, Ida mendesak Walikota Pekanbaru, Firdaus mengevaluasi Kadis LHK, Agus Pramono, karena masalah tumpukan sampah dan pekerja angkut sampah sudah menjadi keluhan masyarakat di Kota Pekanbaru

“Makanya, hari selasa nanti kami akan rapat lintas komisi, untuk menindaklanjuti semua permasalahan ini, memang tidak layak itu Kepala Dinas (Kadis) LHK nya. Harus ada evaluasi,” tegasnya.

“Banyak yang akan kita pertanyakan nanti ke DLHK, data-data dari masyarakat sudah cukup lengkap. Kita tidak mau ada hukum-hukum rimba seperti ini di Pemko Pekanbaru,” tutupnya.