oleh

Kelengkapan Alat Damkar PT RAPP Sangat Membantu Penanganan Karhutla di Teluk Lanus

SIAK – Keinginan masyarakat Siak, Riau langit tetap biru nampaknya akan terwujud lagi di tahun ini. Pasalnya selain tim pemadam kebakaran dari pemerintah, tim pemadam kebakaran dari perusahaan dari PT RAPP yang turun dengan peralatan lengkap juga sangat membantu.

Kesigapan perusahaan -perusahaan dalam membantu penanganan kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Siak memang patut diacungkan jempol. Seperti halnya PT Andalan Pulp and Paper (RAPP) saat membantu pemadaman di 5 lokasi, Desa Kampung Baru, Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

banner 300x250

“Tim pemadam kebakaran dari perusahaan ini sangat cepat turun ke lapangan. Bahkan kadang lebih cepat dari kita. Saat pemadaman di Teluk Lanus kemarin, PT RAPP juga sangat cepat turun ke lapangan, sehingga api di lahan gambut cepat dipadamkan,” kata Kadaops Manggala Agni Siak, Ihsan Abdillah kepada GoRiau.com, Selasa (23/2/2021).

Kata Ihsan, untuk ke lokasi kebakaran lahan di Teluk Lanus juga diperlukan transportasi air seperti speed boat. Tim gabungan pemadaman Karhutla ke Teluk Lanus ini juga terbantu oleh speed boat dari PT RAPP.

“Kalau tak salah, PT RAPP itu menurunkan 8 personil pemadam kebakaran waktu di Teluk Lanus. Dan lengkap pula dengan peralatan pemadaman seperti pompa Mark3, Mini Striker, selang dan armada speed boat. Speed boat ini sangat membantu untuk mengantarkan tim damkar ke lokasi,” kata Icsan lagi.

Kepedulian PT RAPP dalam pemadaman Karhutla di Teluk Lanus itu juga diakui oleh Sekda Siak, Arfan Usman. Hal itu diketahuinya dari Kabid Damkar Siak serta Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto yang ikut ke lapangan selama 8 hari untuk melakukan pemadaman hingga pendinginan di lahan seluas 6 hektar.

“Lokasi Karhutla di Teluk Lanus itu memang sulit akses kesana. Seperti Dermaga Sawah Kampung Baru, Kuburan Wakaf, Jalur Medan arah Kandis, area PRP dan daerah pinggir jalan depan Postu. Di lokasi itu PT RAPP selalu turun membantu mempercepat pemadaman api. Kita patut apresiasi semua tim gabungan Damkar yang turun ke sana. Termasuk dari pihak perusahaan,” kata Arfan Usman.

Apalagi kata Sekda Siak, jika lahan warga yang terbakar itu sangat dekat dengan lahan perusahaan. Tentunya, tim akan lebih cepat turun untuk melakukan pemadaman. Bahkan belum datang tim damkar gabungan, pihak perusahaan sudah selesai melakukan pemadaman.

“Kita apresiasi dengan kepedulian perusahaan ini. Artinya apa yang menjadi harapan kita semua dapat tereisasi. Api tidak meluas dan kita dapat mencegah agar kabut asap tidak menyelimuti udara Kabupaten Siak ini,” kata Arfan Usman lagi.