oleh

Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Bengkalis 2021, Disduk Capil dan Kecamatan Siak Kecil Terbaik

BENGKALIS–Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wabup Bagus Santoso, Sekda Bustami, Kepala Balitbang Fadhlan Fuad Daulay serta dewan juri menyerahkan piagam, piala serta uang tunai kepada pemenang lomba inovasi daerah tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2021 di ruang Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (14/9/2021).

Untuk kategori Perangkat Daerah (PD) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui inovasi Jemput Bola Secara Massif dan Terintegrasi (Jebol Master) mendapatkan terbaik I, terbaik II Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga inovasi aplikasi “Bengkais Menawan” dan terbaik III RSUD Bengkalis dengan inovasi Aplikasi Pendaftaran Online (APO).

banner 300x250

Sejumlah perangkat daerah turut menerima piagam partisipasi Bupati Bengkalis yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Badan Pendapatan Daerah. Lalu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial  serta Dinas Kominikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan untuk kategori kecamatan, Siak Kecil menjadi terbaik I dengan judul inovasi Sistem Informasi Administrasi Pelayanan (SIAP), terbaik II Kecamatan Bengkalis inovasi Smart Elektronik Aplikasi Tata Naskah Dinas (SI-ATAND) dan terbaik III Kecamatan Rupat Utara Inovasi Berbincang Bersame Orang Kite (BEBORAK).

Selain itu Kecamatan Talang Muandau, Pinggir dan Bukit Batu turut menerima piagam partisipasi dari Bupati Kasmarni.

Dalam sambutannya Bupati Kasmarni menyampaikan dukungan serta apresiasi dengan dilakukannya inovasi daerah tigkat Kabupaten Bengkalis 2021 ini. “Kami tentunya sangat mendukung serta memberikan apresiasi mengingat kegiatan ini penting dan bernilai strategis dalam upaya kita menumbuhkan minat dan semangat seluruh Perangkat Daerah untuk terus berinovasi di sektor pelayanan publik maupun tata kelola pemerintahan demi terwujudnya pelaksanaan birokrasi yang efektif, efesien, responsiv, responsibilitiv, demokratis, partisipativ dan akuntabel,” ungkapnya.

Ssetiap tahun Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri melaksanakan penilaian indeks inovasi daerah dan pemberian penghargaan innovative government awardskepada seluruh daerah, dan pada tahun 2019 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah berhasil meraih prestasi sebagai kabupaten terinovativ kedua pada pelaksanaan penilaian IID dan IGA dari Kementerian Dalam Negeri tersebut.

#M244571ScriptRootC1191910 { min-height: 300px;text-align:center; display:block;margin:15px 0 }

Harapan Bupati Kasmarni kepada Balitbang Kabupaten Bengkalis, untuk dapat memfasilitasi, agar inovasi yang diikutsertakan didalam lomba inovasi daerah tingkat kabupaten ini, diikut sertakan pula dalam penilaian indeks inovasi daerah tahun 2021, melalui aplikasi IGA Kementerian Dalam Negeri.

“Buat seluruh perangkat daerah maupun masyarakat yang memiliki inovasi agar berkoordinasi dengan Balitbang supaya inovasinya dapat dimasukkan ke dalam aplikasi IGA Kementerian Dalam Negeri,” lanjutnya.