oleh

BEM UNRI Gelar Aksi Solidaritas Peduli Rohingya di Depan Kampus Universitas Riau, Panam

PEKANBARU (Inforiau.ID) – Puluhan Massa yang tergabung dalam BEM UNRI dengan Korlap Alvian Syahrial melakukan aksi Solidaritas terhadap adanya Tragedi Kemanusiaan di Rohingya di depan Universitas Riau Jl. HR. Sobrantas, Kota Pekanbaru. Jum’at, (8/9/2017) sekira pukul 14.00 WIB.

Dalam aksinya, Massa yang terdiri dari BEM UNRI dan Kelembagaan se-Lingkungan Universitas Riau mengecam dan mengutuk segala bentuk tindakan penindasan yang dilakukan Pemerintah Myanmar yang tidak beradab kepada etnis masyarakat Rohingya.

banner 300x250

Massa juga meminta PBB dan DUHAM harus mengambil sikap yang tegas dan nyata terhadap kejahatan Genosida eknis Rohingya di Myanmar.

” Kami menuntut Pemerintahan Myanmar untuk menjemput serta memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap etnis Rohingya yang terpaksa harus mengungsi ke Negara-Negara tetangga,” ujar Alvian dalam orasinya.

Selain itu Massa juga menuntut agar Pejabat Tertinggi Myanmar untuk mengundurkan diri karena telah gagal mengurus Negaranya sendiri.

“Kami menuntut dan mendesak Pemerintah Myanmar meminta maaf secara resmi kepada minoritas muslim Rohingya dan kepada seluruh umat Islam di dunia terhadap pembantaian yang dilakukan kepada etnis masyarakat Rohingya. Pemerintah Indonesia harus turun tangan memberikan segala bentuk bantuan kepada masyarakat Rohingya,” lanjutnya.

Dari pantauan dilapangan, Massa terlihat membawa beberapa Spanduk yang bertuliskan “Menolak dan mengutuk tindakan kekerasan dan Genosida terhadap etnis Rohingya” serta dalam aksi tersebut juga dilakukan penggalangan Dana untuk diserahkan kepada etnis Rohingya.

Aksi tersebut juga terlihat sempat menimbulkan kemacetan arus lalu lintas dikarenakan massa melakukan aksinya dibagian badan jalan.

Setelah membacakan pernyataan sikap serta Do’a oleh Presma UNRI, Renaldi, Massa membubarkan diri dengan tertib dan aman. (TW)