oleh

Gas Elpiji 3 Kg Langka Di Kota Dumai, Ternyata Ini Penyebabnya..

DUMAI (Inforiau.ID) – Gas Elpiji 3 Kg langka, Pemko Dumai gelar rapat di Kantor dinas Perdagangan Kota Dumai Jln Sultan Syarif Kasim Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai, Kota Dumai. Senin (9/10/2017).

Hadir dalam acara tersebut, Zulkarnaen (Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai), Hermanto ( Kabid Dinas Perdagangan Kota Dumai), Iptu Setiawan ( Kanit II Sat Intelkam Polres Dumai Bidang Ekonomi) dan Perwakilan Lima Agen Elpiji di Kota Dumai.

banner 300x250

Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen mengatakan, bahwa salah satu penyebab kelangkaan tabung gas elpiji 3 Kg selama satu pekan ini yaitu adanya pangkalan yg melayani penjualan tabung gas subsidi di luar kelurahan serta ada pengecer lain yang berjualan di luar pangkalan.

“Hal ini jelas menjadi persoalan dalam penyaluran gas elpiji 3 kg. Padahal pihak pangkalan dan agen sudah di imbau untuk mematuhi harga eceran tertinggi yakni Rp. 18.000 setiap tabungnya tapi khusus di Kelurahan Batu tritip Rp.21.000/ tabung,” ujarnya.

Ditambahkannya, seharusnya penyaluran Gas elpiji ini dilakukan oleh agen pangkalan, karena jika pengecer yang jual tentu harganya akan lebih tinggi dari harga pangkalan.

Sementara itu, Yulius, Manejer operasional SPBE RMJ Perkasa menyampaikan bahwa kelangkaan gas elpiji 3 kg terjadi pada bulan oktober ini, dengan catatan tidak ada kendala berarti di lapangan, yang menyebabkan kelangkaan, bahkan pada bulan september 2017 sempat di lakukan penambahan DO.

“Awalnya cuma 7800 tabung perhari menjadi 8400 tabung perharinya, namun penyaluran gas elpiji 3 kg sempat berkurang lantaran adanya hari libur setiap bulan. Maka hal ini berdampak pada pasokan gas elpiji 3 kg,” tandasnya.

“Setiap tahun pasti ada satu bulan terjadi kelangkaan tabung gas elpiji 3 kg. Sebab karna adanya hari libur 4 hari. Kelangkaan gas elpiji 3 kg ini tidak akan lama,” tambahnya.

Adapun solusi yang di sepakati dalam rapat tersebut akan dilakukan penambahan 560 tabung untuk agen, yang rencananya akan disalurkan ke pangkalan pada hari Selasa tgl (10/10/2017) dan akan disebar ke 5 agen dan 326 Pangkalan di 33 Kelurahan di Dumai. (TW)