oleh

Gerindra Sebut Nama Anies Dicoret di Detik-Detik Terakhir Kemenangan Persija

JAKARTA – Insiden dicegahnya Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan untuk ikut mengucapkan selamat atas kemenangan Persija atas Bali United FC dengan skor 3-0 di final Piala Presiden 2018, Sabtu 17 Februari menuai kontroversi.

Menurut Wasekjen Gerindra, Andre Rosiade, dirinya mengetahui betul saat Anies dicegah pasukan pengamanan presiden (paspampres) untuk naik ke podium. Sebab, ia berada di lokasi, dan namanya Anies itu dicoret menjelang Persija dinyatakan sebagai pemenang.

banner 300x250

“Namanya last minute dicoret dan ditahan paspampres,” ujar Andre kepada wartawan, Minggu (18/2/2018).

Padahal, Anies sedianya sudah diinformasikan panitia akan ikut mendampingi Jokowi menyerahkan piala. Namun, namanya tiba-tiba dicoret, dan informasi tersebut diketahui dari laporan ajudan gubernur.

Bila menilik Piala Presiden 2015 lalu, kala Persib juara, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ikut naik ke atas panggung untuk menyerahkan piala.

(Baca Juga: Video Anies Dicegah Paspampres Beri Selamat ke Persija Viral di Media Sosial)

Bahkan, sambung Andre, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat itu menjabat Gubernur DKI juga turut serta naik ke panggung menyerahkan piala. Jadi, seharusnya Anies juga ikut serta dalam proses penyerahan piala kepada Persija yang menjuarai Piala Presiden 2018. 

“Saya tahu karena saya ada disitu, dan ajudan Mas Anies langsung menginfokan ke saya. Lalu saya langsung berdiskusi dengan Mas Anies. Di saat diskusi berlangsung, ada Mas Candra Wijaya, dan Bang Effendi Ghazali bergabung dengan kami, dan beliau menyampaikan sebagai MC Piala Presiden yang pertama, Bang Effendi mengundang Kang Emil dan Kang Aher turun ke lapangan untuk mendampingi Presiden Jokowi,” ujarnya.

Buntut dari diskusi tersebut, akhirnya Anies memutuskan untuk turun ke lapangan setelah Jokowi menyelesaikan seremoni kemenangan. “Mas Anies langsung turun dan mengajak saya dan Bang Effendi Ghazali keliling lapangan untuk bertemu pemain Persija,” ujar Andre.

Andre yang mendampingi Anies merasa kecewa, terutama kepada pihak panitia di bawah Ketua Steering Committe Piala Presiden 2018 Maruarar Sirait. (Baca Juga: Sandiaga Sambut Baik Aksi Konvoi Kemenangan Persija)

Sebelumnya, viral video Anies dicegah paspampres saat akan ikut iring-iringan Jokowi turun dari tribun untuk menyerahkan Piala Presiden kepada Persija. Video tersebut sempat diunggah akun Facebook Ali Ghuraisah. Namun, Ali pun memilih untuk menghapus video tersebut karena ia khawatir akan menimbulkan polemik.

(Ari)