oleh

5 Festival Telanjang di Seluruh Dunia yang Mengundang Perhatian

PARIWISATA merupakan sektor penting untuk memajukan perekonomian suatu negara. Maka tak heran bila sejumlah negara terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan karena dapat menambah pemasukan, terutama dari wisatawan mancanegara. Salah satu usaha yang dilakukan adalah mengadakan festival.

Festival yang diadakan haruslah menarik minat kunjungan wisatawan. Ada sebuah festival yang diadakan beberapa negara yang kemungkinan besar banyak mendatangkan wisatawan yaitu festival nudis atau telanjang. Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (10/3/2018), berikut 5 festival nudis di berbagai dunia:

banner 300x250

Hadaka Matsuri, Jepang

Pada festival ini, ratusan pria Jepang hampir telanjang akan berkumpul. Mereka hanya mengenakan kain yang dililitkan seperti celana dalam pada alat kelaminnya seperti pegulat sumo. Festival bernama Hadaki Matsuri itu merupakan bentuk pembersihan spiritual dan keberuntungan. Festival ini biasanya terjadi di bulan Februari.

Bay to Breakers, Amerika Serikat

Festival tahunan di San Francisco ini terbilang cukup ramai dan ‘gila’. Baik penduduk maupun wisatawan akan berjalan di tengah kota tanpa mengenakan sehelai benang pun. Bay to Breakers merupakan kesempatan bagi mereka untuk telanjang karena di hari biasa hal itu tidak diizinkan.

Body and Freedom Festival, Swiss

Festival ini bisa dikatakan sebagai festival telanjang pertama di dunia yang menampilkan tubuh sebagai karya seni. Pada Body and Freedom Festival sejumlah orang yang tidak mengenakan pakaian akan dilukis atau menunjukkan pose tertentu di tengah kota. Tujuan dari festival ini adalah menyingkirkan pendapat jika telanjang adalah sesuatu hal yang tabu.

World Naked Bike Ride, di seluruh dunia

 

(World Naked Bike Ride di Bristol, foto: Glasgowlive)

Festival ini diadakan di beberapa dunia sebagai bentuk protes dari masyarakat yang sering menggunakan sepeda untuk beraktivitas dan tidak mendapatkan ruang khusus. Pada World Naked Bike Ride, semua orang akan turun ke jalan dengan sepeda mereka dengan kondisi setengah telanjang atau tanpa sehelai benang pun.

World Body Painting Festival, Austria

Hampir sama dengan Body and Freedom Festival, pada festival ini orang akan berkumpul tanpa pakaian lengkap. Mereka yang malu menunjukkan tubuhnya akan dihias dengan lapisan cat berwarna-warni. World Body Painting Festival merupakan tradisi sejak tahun 1998 di Austria untuk merayakan bakat seniman lukis kulit dari seluruh dunia.

(tam)