oleh

Hari Pertama Goes to School, Komunitas Goresan Emas Sambangi MA Sabilal Muhtadin dan PPTH

TEMBILAHAN – Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin dan Pondok Pesantren Tunas Harapan (PPTH) menjadi dua sekolah yang disambangi Komunitas Goresan Emas di hari pertama dilaksanakannya program Goes to School.

Dalam program yang direncanakan akan dilaksanakan di semua sekolah tingkat SMA sederajat itu, Komunitas Goresan Emas mengisinya dengan memberikan pelatihan jurnalistik kepada para pelajar.

banner 300x250

Dengan pemateri dari para anggota komunitas yang juga merupakan gabungan dari wartawan media online dan cetak yang ada di Inhil, para pelajar terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Seperti di MA Sabilal Muhtadin, sebanyak 30 pelajar mengikuti acara tersebut, meski sama sekali tidak pernah mempelajari ilmu jurnalistik, namun mereka terlihat dengan seksama memperhatikan setiap pemateri.

Salah seorang pemateri, Jumiardi Ali Sp.d kepada para pelajar saat memberikan materi jurnalistik mengupkan keinginannya agar para peserta yang hadir bisa memanfaatkan ilmu yang telah didapatkan dari pelatihan tersebut.

“Saya ingin, selepas ini, minimal adik-adik bisa buat majalah dinding, apalagi di sekolah ini kan madingnya guru yang kelola. Nanti jika ada yang tidak dimengerti bisa di kominikasikan kepada kami,” jelas wartawan Kapurnews.com ini.

Sementara itu, Ardiansyah, S.Kom saat mengisi materi di MA PPTH Tembilahan menjelaskan di zaman era informasi digital, setiap orang sangat perlu memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang jurnalistik baik itu ditingkat sekolah. 

“Ya, mengingat kita skrang berada di zaman era informasi digital, setiap orang sangat perlu memiliki pemahaman dan pengantahuan tentang jurnalistik ini,” ujar pria yang juga wartawan sekaligus owner inhilklik.com ini.

Dijelaskannya, pemahaman tentang juranlisitik tidak hanya penting bagi seorang wartawan saja. Namun, sebagai masyarakat yang mengkonsumsi berita juga penting memiliki pengetahuan tentang jurnaistik, sehingga bisa menyaring setiap informasi yang disuguhkan. 

“Seperti Informasi televisi, koran, radio maupun media online yang saat ini tengah berkembang pesat,” tandasnya. 

Sementara itu Kepala Sekolah Madrasah PPTH Tembilahan, Maryono, S. Ag mengungkapkan pelatihan jurnalistik sebelumnya belum pernah diadakan sekolahnya. Dengan diadakannya pelatihan ini, ia sangat merasa bersyukur siswanya dapat di bekali ilmu jurnalistik. 

“Memang kegiatan seperti ini di sekolah kita (PPTH, red) memang tidak ada diadakan, jadi dengan adanya kegiatan seperti ini, kami sangat merasa bersyukur sekali, pertama siswa kami bisa dibekali dengan ilmu-ilmu jurnalistik,” ujarnya. 

Dan ia berharap, dengan kegiatan yang di gagas Komunitas Goresan Emas, ilmu yang didapatkan para pelajarnya dapat Aplikasi kan dalam kegiatan sekolah.