oleh

Tahun 2019, Pasar Bernilai Ekonomis Tinggi di Pekanbaru akan Dialih Kelola Pihak Ketiga

PEKANBARU – Kota Pekanbaru mewacanakan pengalihan pengelolaan beberapa pasar di Pekanbaru kepada pihak ketiga. Rencananya, pengalihan ini akan terlaksana pada tahun 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis, (13/12/2018). Menurutnya, pasar – pasar yang akan dialihkan ini adalah pasar yang bernilai ekonomis tinggi, yang terdapat ditengah Kota Pekanbaru.

banner 300x250

“Kita sudah wacanakan pengalihan kelola kepihak ketiga, yakni BUMD kita, untuk pasar – pasar yang ada ditengah kota. Pasar – pasar yang bernilai ekonomis tinggi saja, seperti Pasar Higienis itu,” terangnya.

Lanjut Ingot, dengan demikian nantinya para pedagang akan ditarik sewa dengan kalkulasi dalam hitungan bisnis. Sementara, pasar yang letaknya dipinggiran kota akan tetap dikelola Pemko Pekanbaru.

“Sekarang ini kita sudah buat naskah akademisnya. Ketika pasar sudah dikelola pihak ketiga, diharapkan dapat menciptakan pelayanan pasar yang lebih baik,” paparnya.

“Terkait besaran sewa jika pasar ini dialihkan tentu akan kita kaji juga. Tetapi, kemampuan pedagang kita cukup tinggi,” pungkasnya.