oleh

Cukup Daftar Melalui Android, Masyarakat Bengkalis Bisa Akses Beragam e-Book

BENGKALIS – Banyak cara untuk memperoleh bahan bacaan, termasuk berkunjung ke perpustakaan. Namun bagi masyarakat di pelosok wilayah tentu repot, karena jauh untuk pergi ke perpustakaan.

Karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Persip) Kabupaten Bengkalis saat ini sudah menyediakan aplikasi berbasis android, dengan nama Elektronik Perpustakaan daerah (e-Pusda) Kabupaten Bengkalis.

banner 300x250

Dengan aplikasi e-Pusda Kabupaten Bengkalis ini, masyarakat, khususnya di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini dapat mengakses beragam e-book koleksi Dinas Persip Kabupaten Bengkalis.

Namun seperti aplikasi serupa pada umumnya, pengguna harus registrasi dulu untuk terdaftar sebagai anggota.

Unduh di Playstore

Kepala Dinas Persip Kabupaten Bengkalis H Suwarto menjelaskan, layanan ini diluncurkan untuk menyediakan bahan bacaan berkualitas bagi masyarakat.

Mereka yang gemar membaca dapat mengunduh aplikasi ini melalui playstore. Langkah ini merupakan inovasi dan jawaban untuk perkembangan teknologi yang makin canggih.

“Dengan demikian, mereka yang jauh dari perpustakaan, seperti di desa-desa yang jauh dari Dinas Persip, tetap bisa mendapat bahan bacaan. Caranya juga mudah, cukup unduh aplikasinya dan registrasi sebagai anggota. Hanya menggerak jari jemari, kita langsung bisa baca banyak buku,” kata Suwarto.

Didampingi Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca Hj Yana Susilayeni, Suwarto mengemukakan hal itu usai melaksanakan sosialisasi e-Pusda dan w-Arsip di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Rabu (23/1/2019).

Aplikasi ini, tambah Suwarto, menyediakan ribuan buku elektronik koleksi Dinas persip Kabupaten Bengkalis.

“Semuanya telah terkategori secara digital, mulai dari sains, sosial, seni budaya, hingga fiksi,” papar Suwarto, seraya menambahkan e-Pusda ini merupakan salah satu layanan kepada masyarakat dari pemkab Bengkalis melalui Dinas Persip.

Baik Suwarto maupun Yana berharap, kehadiran aplikasi e-Pusda tersebut mampu meningkatkan minat baca masyarakat.

“Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi mereka yang membutuhkan bahan bacaan,” ujar keduanya senada.