oleh

Polisi Tangkap Kreator Grup Whatsapp STM

JAKARTA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan pihaknya telah menangkap kreator tangkapan layar grup WhatsApp “STM ALLBASE” yang memerlihatkan percakapan tentang adanya massa bayaran.

Grup Whatsapp STM itu ramai diperbincangkan netizen, lantaran menduga itu merupakan grup WA rekayasa yang dibuat sendiri oleh polisi. Hal tersebut, dibantah secara tegas oleh Polri. Pasalnya, narasi itu hanya sebuah bentuk propaganda.

banner 300x250

“Ya mas sudah diamankan dan dalam riksa oleh Direktorat Siber,” kata Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

 Baca juga: KJP Plus Para Pelajar Anarkis saat Demo di DPR Terancam Dicabut

Demo di DPR

Namun polisi belum merinci secara jelas siapa identitas yang ditangkap tersebut. Begitupula dengan peran dari pelaku. Pasalnya, nanti akan disampaikan secara rinci dalam jumpa pers siang ini. “Jam 13.00 kami rilis yah,” ujar Dedi.

Dedi sebelumnya mengatakan, pihaknya melihat hal itu sebagai propaganda. Polisi, kata dia, sedang memprofiling akun-akun yang menyebarkan tangkapan layar tersebut.

Baca juga: Viral Grup WA STM Allbase, Polisi Angkat Bicara

Polri mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuat gaduh di media sosial dan dunia nyata, khususnya mengenai tangkapan layar percakapan grup WA “STM ALLBASE” tersebut. Apalagi disertai narasi bahwa grup itu dibuat sendiri oleh polisi. Jika iti terus dilakukan, maka polisi akan menindaknya secara hukum.

“Mengingatkan kepada masyarakat apabila terus mengulangi perbuatan seperti itu dan pada akhirnya membuat suatu kegaduhan baik di media sosial maupun di dunia nyata dan alat buktinya cukup maka siber Bareskrim akan menerapkan UU ITE maupun UU lainnya sesuai fakta hukum penyidik,” terang Dedi.

(wal)

Sumber : okezone.com