oleh

Bupati Rohil Serahkan 198 Kendaraan Roda Dua untuk Operasional Penghulu

BAGANSIAPIAPI – Bupati Rokan Hilir Riau H Suyatno, Senin (16/3/2020) menyerahkan 189 kenderaan operasional kepada Penghulu dan lurah di Bagansiapiapi. Penyerahan dihadiri oleh kepada OPD, camat, penghulu dan lurah.

Bantuan kenderaan opetasional itu diterima 159 penghulu defenitif, 14 penghulu persiapan dan 25 lurah. “Kenderaan ini merupakan penunjang operasional penghulu di lapangan, jaga dan rawat dengan baik,” ujar Suyatno.

banner 300x250

Suyatno berharap, penghulu dan lurah peka terhadap kondisi daerahnya terutama menghadapi musim kemarau saat ini. Motor jenis trail ini lincah dan mampu menghadapi medan berlumpur di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Rohil Yandra MSi menyebutkan, semua kepenghuluan dan kelurahan dapat satu unit kenderaan roda dua jenis trail. “Totalnya untuk 159 desa defenitif, 14 desa muda hasil pemekaran, 25 Kelurahan,” ucap Yandra.

Sementara untuk 14 desa muda atau kepenghuluan persiapan sudah mendapatkan nomor register desa atau kepenghuluan dari Pemprov Riau. “Tinggal menunggu defenitif dari kemendagri, desa ini berada di Kecamatan Bagan Senembah, Bagan Sinembah Raya, Pujud dan Tanah Putih,” urainya Yandra.

Untuk 14 desa muda ini, pihaknya sudah mempersiapkan hal-hal berkaitan demgan administrasi sesuai Permendagri Nomor 1 tahun 2017. “Secara teknis luas wilayah, sarana pendukung, jumlah penduduk sudah siap, tinggal menunggu register dari Kemendagr,” jelasnya.

Saat dimintai komentarnya tentang kenderaan dinas penghulu yang hilang digondol maling, Yandra meminta agar kenderaan hibah Pemkab dijaga dan dirawat. “Jaga dengan baik, itu hibah, plat merah, jangan sampai hilang, ingat arahan Pak Bupati saat menyerahkan kendaraan baru tersebut,”tegas Kadis PMD Rohil ini.

Yandra menyebutkan salah satu program Dinas PMD sesuai program arahan presiden adalah tentang desa wisata. “Program desa atau kepenghuluan wisata target kita Pulau Jemur di Kecamatan Pasir Limau Kapas. Potensi wisatanya sangat menarik, berada di Selat Malaka, kaya potensi wisata bahari, sangat menjanjikan jadi desa wisata,” tegasnya.

Sementara itu beberapa orang penghulu saat dimintai komentarnya atas hibah kendaraan operasional mengaku puas dan berterimakasih. “Motor jenis ini mampu melewati jalan berlumpur dan licin, ini mempermudah kami bergerak di lapangan,” ujar Mustafa Husin, Penghulu Teluk Pulai Kecamatan Palika.